Home » , , » Hindari Warna Ini Ketika Akan Mengecat Rumah (Panduan Warna Cat Agar Rumah Cepat Laku)

Hindari Warna Ini Ketika Akan Mengecat Rumah (Panduan Warna Cat Agar Rumah Cepat Laku)


Biaya mengecat rumah,  untuk eksterior maupun interior tidaklah murah belum termasuk biaya tukangnya, jadi jika kita salah memilih warna cat artinya kita akan membuang uang sia-sia. 
Memang memperbaikinya hanya dengan mengecat ulang, tapi kembali lagi biayanya kan semakin mahal, karena mengecat ulang di perlukan teknik lain lagi supaya cat sebelumnya bisa benar-benar tercover oleh cat yang baru, dan warna yang kita inginkan benar-benar sesuai.

Bagian depan rumah sangat menentukan ketika akan menjual sebuah rumah via pinterest

Sebelum itu semua terjadi, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu warna apa yang akan kita gunakan untuk eksterior maupun interior. Interiorpun sudah selayaknya memiliki warna yang berbeda tiap bagiannya, antara ruang tamu, dapur, kamar mandi, atau kamar tidur.
Nah berikut ini warna-warna cat apa saja yang sebaiknya di hindari dan apa yang sebaiknya digunakan. Warna-warna ini adalah rekomendasi dari para ahli yang selama bertahun-tahun meneliti termasuk warna tren yang muncul tiap tahun, rumah yang paling cepat laku di jual dan memiliki harga yang lebih tinggi dengan warna cat tertentu. (baca juga Tips Mengecat
  • Hindari : warna COKLAT untuk eksterior rumah, terlihat lebih gelap dan suram hal ini akan menurunkan nilai jual rumah kamu. Sedalam apapun perasaan suka kamu ke warna ini, hindari mengecat ekterior rumah dengan warna coklat.
  • Lakukan : Catlah rumah kamu dengan warna yang lebih terang, berdasarkan penelitian, warna mixed abu-abu dengan beige (greige) akan meningkatkan harga jual rumah kamu. Belum pernah coba? Cobalah, apalagi sekarang di toko cat biasanya sudah ada mesin mixer yang kita bisa memilih warna apa saja untuk menciptakan warna baru.
Rumah dengan front warna greige via roccommunitysummit



Kebiasaan masyarakat kita memilih warna itu terpatok dengan tetangga atau keinginan pribadi, terutama warna-warna primer, sah-sah saja, tetapi alangkah baiknya kesampingkan dulu keinginan dengan yang lebih baik, terutama jika rumah kita mau dijual.
Untuk pintu masuk gunakan warna yang lebih berani tetapi tetap ada patokannya, gunakan warna navy blue, dark grey, atau hitam papan tulis.

  • Hindari : warna BIRU, (biru tua, navy, atau light blue sebisa mungkin hindari), warna abu-abu dan turunannya) di ruang tamu.
  • Lakukan : Untuk ruang tamu gunakan warna-warna yang lebih hangat dan lembut, berdasarkan penelitian ruang tamu lebih banyak disukai pembeli jika berwarna beige, pale taupe, atau gunakan warna oatmeal. 
oatmeal livingroom via - decorpad


Jika kamu bingung dengan warna-warna itu, toko cat akan lebih paham, tips nya kamu cari dulu merk yang akan di gunakan, kemudian cek di internet merk tersebut menyediakan warna apa saja, kemudian kamu catat kode warnanya atau save di handphone dan bawa ke toko cat, jika ternyata tidak menyediakan warna tersebut apakah memungkinkan menciptakan warna itu dengan mencampur beberapa warna sehingga menjadi warna yang di inginkan,  konsultasikan dengan pegawai yang handle bagian mencampur cat. Jika tidak bisa, gunakan merk lain atau ke toko yang lain. (baca juga ; Tips Cepat Merapikan Rumah)

  • Hindari : warna KUNING di area dapur, bagi yang suka warna kuning kiranya bisa mendamaikan hati untuk tidak memaksakan kehendak mengecat dapur dengan warna kuning, warna ini terlalu terang dan menyilaukan yang akan memberikan efek tidak betah, kalau tidak betah gimana pembeli mau menyukainya.
  • Lakukan : Gunakan warna light blue atau biru terang atau gunakan abu terang, berdasar penelitian warna ini jauh lebih memikat pembeli jika di bandingkan warna putih.
dapur dengan warna light blue terlihat lebih segar dan lega - via humideas

  • Hindari : Terracotta atau warna pot tanah liat, atau warna genteng,  hindari warna ini di area ruang makan, sepertinya warna ini kurang memikat atau tidak menimbulkan ambiance positif ketika akan makan.
  • Lakukan : warna BIRU lebih baik jika di terapkan di area ruang makan, bisa gunakan slate blue, pale grey blue, atau navy juga akan berefek bagus jika di padukan dengan plafon atau gelagar yang terekspose dengan warna putih.
warna pale blue di area ruang makan menarik pembeli rumah - via elledecor

  • Hindari : PINK untuk kamar tidur, tidak perduli secinta apapun kamu dengan warna ini, hindari mengecat kamar tidur dengan warna pink, sekalipun untuk kamar anak-anak, terutama jika rumah kamu akan di jual. Alasannya menurut saya pribadi pembeli akan menghindari warna-warna pop yang menyilaukan mata dan terlihat "murah", walaupun jika mereka memiliki anak kecil yang menyukai warna pink, tapi disini yang akan beli rumah kan orang tuanya bukan anaknya yang masih kecil.
  • Lakukan : BLUE ingat ya biru disini tidak semata-mata warna biru, kadang kita memaksakan warna primer yang membuat kesalahan ketika mengecat rumah, gunakan warna light blue kalau istilah asing cerulean blue, atau cadet blue, silahkan di search warna tersebut, yang pasti warna itu bukan warna primer.
slate blue memberikan ambiece yang tenang pada area tempat tidur - via activerain

  • Hindari : warna PUTIH untuk kamar mandi, lho kenapa bukannya itu terang dan membuat kamar mandi lebih terlihat lega, betul tapi warna ini akan membuat ruangan terlihat mati dan datar, terlebih jika terdapat paparan cahaya matahari yang cukup banyak.
  • Lakukan : gunakan warna powder blue, nah seperti apa itu powder blue, dia adalah rangkaian warna biru, jadi warna itu memiliki layer yang endingnya adalah biru. Jadi powder blue itu salah satu layer dari warna biru, kita bisa menyebutnya biru pucat lah. Selain warna powder blue gunakan warna periwinkle, warna apalagi ini? Periwinkle adalah warna dalam keluarga biru dan ungu, bisa juga di sebut lavender blue,  biru pucat atau biru pastel. (baca juga : 10 Trend Home Decor 2019)
warna periwingkle blue - via schemecolor

kamar mandi dengan tile warna biru yang menawan - via elledecor

Itulah beberapa warna yang perlu kamu hindari ketika akan mengecat area rumah kamu, terutama ketika berniat akan menjual rumahnya. Selain pemilihan warna penataan rumah atau renovasi  kecil juga perlu dilakukan ketika akan menjual rumah kamu. Lebih baik mengeluarkan dana lebih tetapi akan meningkatkan harga jual rumah dan yang penting rumah akan cepat terjual. ;)
Jangan lupa follow sosmed nya vintagelawas ya, atau subscribe biar selalu update dengan home improvement yang Vintage Lawas bagikan.

SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar