Home » » 8 Tips Cepat Merapikan Rumah

8 Tips Cepat Merapikan Rumah

Apa yang akan kalian lakukan ketika pulang ke rumah dengan kondisi semua ruangan yang berantakan. Letihnya pulang kerja akan bertambah dan membuat emosi tidak stabil dan stress melanda. Berikut tips/cara cepat membereskan rumah, biasakan untuk melakukan hal berikut ini sehingga kondisi rumah akan selalu nyaman.
area entryway - via bhg

1. Area pintu masuk. Tempatkan sebuah wadah di atas meja dekat pintu masuk untuk meletakan kunci kendaraan, dan kunci lainnya dan uang kembalian tol. Kamu tidak akan kebingungan mencari kunci kendaraan atau hal-hal lainnya, karena setelah bepergian kamu sudah merapikan pada tempatnya. Jangan lupa tempatkan beberapa hiasan atau pot tanaman di area meja untuk mempercantik area entryway. Tempatkan gantungan mantel hujan dan payung pada area entryway, biasanya mantel hujan akan di taruh begitu saja, terlihat kotor dan tidak rapi. Tempatkan juga rak sepatu, memudahkan ketika berangkat atau pulang kerja, kondisi alas sepatu yang kotor tidak perlu masuk ke dalam area rumah cukup di area entryway.

https://www.pinterest.co.uk/pin/265290234282885679/

2. Rapikan Majalah dan Koran. Majalah atau koran dibeberapa rumah masih mengoleksinya atau berlangganan. Biarpun di era paperless keberadaan majalah atau koran memiliki tempat tersendiri di tiap pembacanya. Dengan bentuknya yang memang berbeda, bisa menyentuh dan membolak-baliknya, membuat coret-coretan, dan memiliki bentuk yang bisa digunakan sebagai display atau hiasan sebuah ruang. Masalahnya kadang setelahmembaca berserakan tidak kembali ke tempatnya. Biasakan tempatkan majalah pada tempatnya dan susun sesuai edisinya. Pindahkan ke gudang atau di recycle untuk edisi yang lama atau tidak dipakai lagi, kamu bisa menggunting edisi tertentu untuk koleksi, atau cari artikel yang versi digital dan kamu save jika suatu hari kamu memerlukannya.
susun majalah sesuai edisi, dan recycle majalah lama yang sudah tidak dibaca lagi - via urbanoutfitters

3. Wadah pulpen. Seringkali kita menemukan beberapa peralatan tulis berserakan di semua ruang, yang perlu kamu lakukan adalah kumpulkan semua peralatan tulis, buang semua yang habis tintanya, cukup coretkan ke atas kertas satu demi satu. Tempatkan alat tulis di area tertentu kadang kita memerlukannya tiba-tiba.
Organize perlengkapan alat tulis di rumah, menjaga tetap rapi - via styleblueprint

4. Rapikan Lemari Pakaian.  Hampir semua keluarga memiliki masalah dengan penyimpanan pakaian. Terutama masalah pakaian dalam dan kaos kaki. Mulialah menata dengan cara menggunakan pemisah. Untuk kaos kaki setiap pasangan satukan dengan cara menggulungnya menjadi satu, kemudian tempatkan masing-masing kaos kaki dengan pemisah di dalam laci, sehingga memudahkan ketika akan menggunakannya.
organize kaos kaki dan perlengkapan pakaian dalam - via gearbest
5. Peralatan Masak. Pindah ke area dapur, coba cek kembali apakah peralatan masak berserakan dimana-mana? mulailah untuk memilah mana saja peralatan masak yang tidak digunakan atau digunakan waktu tertentu saja, pisahkan dengan memasukkannya ke area laci. Termasuk wajan teplon atau panci besar, biasanya peralatan masak ini digunakan ketika ada acara yang memerlukan peralatan masak dengan ukuran besar. Segera rapikan dan simpan dalam kondisi bersih. Area masak yang clean dan rapi membuat dapur terlihat bersih dan menyenangkan.
pisahkan perlengkapan masak dan peralatan makan yang jarang digunakan - via thisoldhouse

6. Ruang Cuci dan Kamar Mandi. Rapikan perlengkapan mencuci, buang semua botol kosong, atau isi dengan produk refill sesuai wadahnya. Rapikan botol-botol lainnya, lap menggunakan kain kering. Beralih ke kamar mandi, letakan semua perlengkapan mandi di wastafel, bersihkan dengan lap basah kemudian keringkan dengan kain kering. Buang semua botol kosong atau isi dengan produk refill sesuai wadahnya, simpan perlengkapan yang jarang di gunakan di laci. Satu lagi yang perlu di ingat adalah, biasakan semua anggota keluarga untuk bertanggungjawab setelah pemakaian, bersihkan, tutup rapat botol sabun, sampo dll, kembalikan ke posisi semula. Dan biasakan ketika mandi busa yang menempel di tembok langsung di bilas dengan air, karena akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan jika terlewat.
perlakukan ruang laundry seperti halnya ruangan lain, tetap bersih dan rapi - via ckandnate

tempatkan wadah untuk memisahkan beberapa perlengkapan mandi untuk memudahkan pemakaian - via hative

7. Kotak makan dan Canister.  Buat kalian yang suka mengoleksi wadah makanan, coba buka lemari penyimpanan wadah makanan, keluarkan dan lihat berapa banyak koleksi kamu, mungkin yang addict membeli wadah makanan bisa berkarung-karung jumlahnya, dan sedihnya ketika semua berantakan tutup dimana wadah dimana. Sekarang rapikan dengan memisahkan tiap tutup sesuai ukuran masih-masing. Langkah berikutnya adalah memasukkan wadah-wadah tadi ke lemari atau laci susun berdasakan ukuran, dan sesuaikan dengan luasan laci atau lemari. Untuk wadah-wadah yang tidak ketemu dengan penutup pasangannya, bisa kamu manfaatkan untuk keperluan lain seperti pot bunga atau wadah sabun cuci piring. Atau coba kamu cari project DIY yang menggunakan wadah makanan.
rapikan kotak makan sesuai ukuran selain menghemat tempat penyimpanan, juga akan memudahkan ketika akan menggunakannya - via bhg
8. Kulkas atau Lemari Es. Keluarkan semua makanan, terutama makanan manis dan penyebab bau dan lengket di dalam lemari pendingin. Buang semua yang sudah kadaluarsa, pisahkan makanan manis, makanan cair, lap terlebih dahulu sebelum dimasukkan kembali ke lemari pendingin.Gunakan wadah-wadah yang aman untuk penyimpanan di kulkas, hindari wadah kantong plastik untuk makanan yang mudah tumpah dan menjadi penyebab berantakan isi kulkas. Kamu juga bisa menempel tulisan di tiap wadah yang berisi tanggal pembelian atau nama makanan jika wadah tidak transparan.
selain memudahkan ketika akan menggunakannya, lemari pendingin juga akan lebih bersih dan mengurangi bakteri - via craftsonfire

Rumah memiliki banyak area yang kadang terlupkan, jika kamu malah membersihkan dan merapikannya, akan menjadi sarang bakteri, jamur dan sumber penyakit. Dan peralatan yang kamu investasikan akan rusak. Selain ke-delapan tips diatas, boleh di sharing pengalaman kalian di kolom komentar... Selamat bersih-bersih guys.. 






SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar