Home » , » Inspirasi Gaya French Country Untuk Rumah Kamu

Inspirasi Gaya French Country Untuk Rumah Kamu

French Country memiliki penggemar tersendiri, berbeda dengan design yang saat ini sedang menjadi trend seperti gaya minimalis, nordic dan industrial, gaya french country memiliki style yang berbeda. Design ini memiliki ornamen yang khas gaya sentuhan pedesaan negeri Prancis yang terlihat elegance dalam kesederhanaan.
https://freshome.com/french-country-design/



Bagaimana menciptakan interior dengan nuansa bergaya French Country?

1. Pilihan warna yang smooth dan hangat
Unsur warna pada rumah bergaya french country memperlihatkan kelembutan dan hangat dengan tambahan warna kontras pada furniture atau perabotan rumah tangga. Warna ini akan membawa suasana yang ramah dan santai. Pilihan warna biasanya menggunakan warna tan, krem, kuning lembut, soft gold, merah menyala, hijau terang, hijau gelap, cobalt blue, dan soft ocean tones. Pada perabotan atau furniture bisa gunakan warna rustic atau white antique.
pallet color

Abu-abu tua dan abu-abu terang juga bisa di aplikasikan pada material kayu atau dekorasi. Furniture dengan logam dan elemen rustic, juga lampu-lampu dinding atau meja dengan garis dan detail yang indah. Bagian dinding bisa menggunakan warna plester pucat dengan balok kayu yang masih kasar. Kemudian warna-warni pada kain bisa di padu padankan pada sofa atau furniture.




2. Material

Elemen penting lainnya dari rumah bergaya french country adalah material alami.  Dinding plester yang diwarnai atau dicat dengan kasar, langit-langit dan dinding balok yang tebal, detail kayu berukir halus, dan kursi kursi yang dianyam sederhana memberi tekstur dan kesederhanaan pada tampilan. Lantai dari batu alam juga sering digunakan pada rumah bergaya french country, biasanya di tambahkan karpet berbahan wol atau katun.
Kemudian ciri khas dari rumah bergaya french country adalah perapian dengan batu, kemudian balok kayu tebal pada area plafon, detail lain adalah dekorasi dari tanah liat, pot tembaga, dan aksesoris dari besi tempa pada dinding.
dapur bergaya french country yang sederhana, via spruce
3. Bentuk Arsitektural

Bahan-bahan yang digunakan di negara Prancis sering muncul dalam fitur arsitektur yang menarik perhatian. Contoh seperti dinding dan lantai batu, balok kayu dan langit-langit kayu yang berat, dan dinding plester yang tidak beraturan membentuk sebuah gaya rumah yang sederhana tapi elegant.
Pada permukaan lantai biasanya berbentuk kasar terbuat dari batu, tanah liat, atau batu bata. Balok pada ternit ruangan juga memberikan kesan hangat dan sederhana.
Bagian jendela designnya tinggi dengan bentuk kotak-kotak dengan kaca. Bagian depan jendela lebih menjorok keluar untuk melindungi jendela dari matahari pada musim panas.
Jendela dan pintu biasanya dikelilingi oleh tanaman merambat.

Pada ruangan juga dilengkapi dengan lemari dengan design dan atau panel berukir kadang juga dengan lis sederhana untuk menyimpan pakaian, kain-kain linen perlengkapan kamar tidur, dan pada area dapur juga terdapat lemari untuk menyimpan perabot dan peralatan makan
Area meja makan biasanya menggunakan meja makan besar bisa berbentuk persegi panjang atau bundar, dengan atau tanpa lapisan kayu. Detail pada meja makan biasanya menggunakan kaki yang berukir sederhana dan bangku meja makan dengan design lengkung pada sandaran atau dengan bilah vertikal.



contoh rumah dengan arsitekture bergaya french country - via donaldlococoarchitects

4. Dekorasi

Bagian interior rumah dengan gaya french country, memiliki perpaduan yang sederhana, lembut dan terkesan hangat. Keranjang anyaman dari rotan atau kawat,  keramik berwarna-warni, potongan kayu berukir, tembikar Chinoiserie, dan tanaman alami biasanya digunakan dalam gaya ini. Kemudian lukisan tua, dengan warna gelap, atau warna-warni untuk dekorasi dinding.

Untuk  perlengkapan design interior berbahan kain kamu bisa menggunakan motif toile, yaitu motif dengan design tradisoonal dari negera Prancis dengan warna dasar putih, krem atau kuning dengan motif yang kontras berwarna hitam, biru, merah, atau hijau.
Tema toile biasanya berisi cerita atau lukisan hewan ternak, pola cina, pemandangan pedesaan pada abad ke-18. Biasanya pola ini dicetak pada kain linen atau katun.
Motif-motif lainnya yang bisa digunakan untuk kain atau perabot, atau dekorasi adalah motif ayam, zaitun, bunga matahari, anggur, lavender, dan kumbang.

motif toile pada bantal - via cedarhillfarmhouse
Letakan bunga atau tanaman alami di beberapa area, dan natur kernajang anyaman, teko tua atau pot berbahan tembaga, dan gunakan pot berbahan tanah liat untuk indoor atau outdoor, pastikan Anda bisa melihat tanaman atau bunga-bunga yang cantik dari jendela rumah. Jika tanaman-tanman khas negeri Prancis tidak bisa tumbuh dengan baik di Indonesia gunakan artificial plant seperti bunga lavender, geranium atau tanaman zaitun artificial.

jual bird cages
Letakan pot tembikar berwarna atau warna lembut dengan bunga tadi di area meja makan, meja dapur atau meja tamu, jangan gunakan pot dengan porslen halus lebih baik jika menggunakan botol atau toples kaca besar atau peralatan makan yang juga berfungsi sebagai pot, contohnya adalah produk sockerart IKEA. Jangan lupa perlatan masak atau palatan makan bisa menggunakan tema yang sama seperti motif ayam jantan, ziatun atau bunga khas Prancis. Dekorasi lainnya yang penting adalah candle holder,  dari besi, juga birdcase seperti gambar diatas, kendi air dan taplak meja warna-warni atu motif bunga. Baca juga rumah bergaya Spanish.
SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar