Home » , » Yuk !! Mengenal Lebih Dekat Rumah Bergaya Spanyol

Yuk !! Mengenal Lebih Dekat Rumah Bergaya Spanyol

Rumah bergaya Spanyol merupakan bagunan dengan arsitektur berornamen Spanyol abad ke-17 dan ke-18. Rumah bergaya Spanyol di pengaruhi oleh motif-motif Moorish dan Mediterania. Rumah-rumah bergaya Spanyol menggabungkan atap merah sederhana dan dinding plesteran dengan detail besi tempa yang rumit dan pekerjaan ubin berwarna-warni.
Ciri lain lain design rumah bergaya spanyol antara lain bentuk atap yang landai, balok-balok kayu pada area palfond, lengkungan pada beberpa bagian rumah seperti pintu dan jendela, dinding plester, dan secara konstruksi bangunannya tidak simetris.


Ada beberapa tipe dari rumah bergaya Spanyol 
  • Spanish Baroque
Arsitektur bergaya Spanish Baroque sekitar abad ke-17 dan 18, gaya baroque kaya akan ornament yang sangat rumit juga tampilan bentuk lengkung.
 
Balboa Park, San Diego, California


Spanish Baroque Style kaya akan detail ornament - pic via hauteresidence

  • Mission Revival Style
Gaya ini dimulai pada tahun 1890-an atau akhir abad 18, dibangun dengan pengaruh dari Katolik Spanyol pada pertengahan hingga akhir abad 18. Gaya ini terlihat jelas dengan pengaruh bangunan rohani seperti element menara lonceng dan atap, juga teras bagian depan yang tersembunyi.

Mission Revival architecture - pic via wikipedia



San Antonio, TX. The Sunset Depot, c.1904 dengan gaya Spanish Baroque - pic via architecturestyles
     
    Salah satu ciri dari Mission revival adalah jalan masuk yang tertutup oleh atap - via houzz

    • Spanish Eclectic
    Gaya spanish ecletic atau biasa di sebut juga Spanish Revival dimulai sekitar tahun 1915 hingga 1940, Gaya ini merupakan perpaduan dari gaya Mission Spanish, Moor, Bizantium, Gothic, dan Renaissance. Bangunan dengan dinding plesteran, detail dan hiasan, ubin hias di lantai dan dinding, jendela kaca berwarna, jeruji dari besi tempa yang rumit diatas jendela dan balkon, juga menara kecil diatap rumah.
    Pada rumah spanish eclectic lebih terlihat terbuka dan banyak cahaya matahariyang masuk, welcome ke teman-teman dan kolega yang datang bertamu - pic via enotecadellafortezza
     
    Spanish Eclectic - via houzz


    • Monterey Style 
    Gaya Monterey, memiliki masa kejayaan dari tahun 1925 hingga 1955, gaya ini merupakan variasi dari arsitektur Spanish Revival atau gaya eclectic. Elemen yang paling menonjol dari bangunan gaya ini adalah balkon pada lantai dua yang selalu mengikuti bentuk panjang rumah. Atap rumah juga selalu menaungi balkon. Gaya Monterey lebih umum memiliki design dua lantai dibanding gaya ecletic dan mission. Selain itu gaya ini juga memiliki elemen yang sama dengan Spanish Revival seperti beranda depan dengan struktur kolom dan pediment yaitu struktur segitiga diatas persegi panjang.
    Area Balkon pada rumah Spanish Monterey - via pinterest

    Rumah  2 lantai lebih banyak di temukan pada rumah dengan style Spanish Monterey dengan ciri khas pada balkonnya - via urbanconnectionrealty

    Detail rumah bergaya Spanish Monterey- via hungker

    Rumah bergaya spanyol memiliki keunikan tersendiri, dan merupakan tradisi arsitektur kolonial Spanyol, motif-motif didasarkan pada gaya Moorish dan Mediterania yang indah.
    Buat kamu yang berminat memiliki rumah bergaya Spanyol bisa mendesain sendiri dengan menggabungkan beberapa gambar yang ada di internet, yang perlu di perhatikan adalah kesesuaian atara bentuk bangunan bagian rumah yang satu dengan yang lain sehingga harmoni tetap terjaga.
    (Baca juga : Rumah Bergaya  Mediterania)


    SHARE

    About Vintage Lawas

    0 komentar :

    Posting Komentar