Home » , , » Yuk Berkenalan Lebih Dekat Kain Linen

Yuk Berkenalan Lebih Dekat Kain Linen

Buat kamu yang belum mengenal lebih jauh mengenai jenis kain linen ini, mungkin akan beranggapan biasa saja. Linen sebenarnya digunakan tidak hanya untuk keperluan bedding set, banyak produk lain seperti baju, perlengkapan meja makan, dan beberapa kerajinan tangan juga sering menggunakan bahan linen, atau linen yang dicampur dengan katun.
duvet cover dari linen via - libecohomestores

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya (baca : mengenal bermacam jenis kain sprei) kain linen adalah jenis kain yang dibuat dari serat tumbuhan linen. Di negara-negara Eropa kain jenis ini sangat disukai karena karakteristiknya yang sangat istimewa, kain ini bisa bertahan puluhan tahun dengan perawatan yang baik. Semakin lama digunakan dan dengan proses pencucian yang benar kain linen akan semakin nyaman digunakan.
 table linen berbahan linen terlihat cantik dan natural - via libecohomestore
Kelebihan linen dibandingkan dengan kain katun adalah 30% lebih kuat daripada kapas, memiliki daya serap yang tinggi, cocok untuk semua iklim, Hypo-allergenic sehingga cocok untuk orang yang memiliki masalah dengan alergi, linen memiliki struktur serat yang unik sehingga sangat adem ketika dikondisi panas dan akan menghangatkan ketika cuaca dingin, seratnya yang dari alam memiliki struktur yang natural dengan kilauan dari seratnya yang alami, linen juga ramah lingkungan karena tumbuhan ini hanya memerlukan sedikit air dan tidak memerlukan bahan kimia untuk menanamnya.
linen dengan warna blue jeans - via lenoklinen
Kain dari bahan katun akan terlihat usang ketika sudah dicuci sekitar 3-4 tahun, sedangkan linen adalah kebalikan dari katun, linen akan terlihat lebih lembut dan semakin nyaman digunakan seiring pemakaian dan perawatan.
perpaduan warna putih dan abu-abu yang cantik pada linen - via mondaytosundayhome


Ukuran kualitas kain biasanya diukur dari jumlah jalinan benang atau thread count semakin tinggi thread count nya semakin baik kualitasnya. Hal ini tidak berlaku pada linen karena kain linen terbuat dari serat tumbuhan linen yang memiliki tingkat ketebalan serat yang berbeda beda.

Proses pembuatan kain linen memerlukan waktu yang lama, tumbuhan linen di cabut bukan di potong untuk mendapatkan serat yang lebih panjang, kemudian didiamkan beberapa bulan untuk melunakan tanaman, proses selanjutnya adalah memisahkan serat dengan cara menyisirnya untuk memisahkan dari kotoran dan membuang serat-serat yang pendek, serat yang panjang biasanya digunakan untuk membuat keperluan bedding sets seperti sprei, duvet cover dsb. Setelah proses yang panjang dihasilkan benang dari tumbuhan linen, benang inipun akan di sortir kembali untuk memilah kualitas dari tiap-tiap benang.
linen dengan beberapa pilihan warna - via garnethill

Linen merupakan serat pertama yang digunakan untuk ditenun lebih dari 8000 tahun lalu pada masa peradaban Mediterania yang kemudian diadopsi oleh Eropa dan terus populer hingga abad pertengahan, bahkan sampai diperkenalkan kapas. Sekarang ini linen merupakan kain yang sangat istimewa karena prosesnya yang cukup melelahkan karena prosesnya yang dilakukan manual dan memerlukan waktu yang lama. Sehingga komoditas ini sangat sedikit dan tentunya memerlukan ongkos produksi yang lebih banyak daripada pembuatan kain kapas pada umumnya.
bedlinen - via etsy

Dimana kita bisa mendapatkan kain linen terbaik? Normandia (Perancis) dan Belgia adalah negara yang dianggap memiliki iklim dan suhu yang cocok untuk tanaman jenis ini. Jenis tanaman ini hanya bisa tumbuh baik di dataran Eropa Barat antara Cannes-Perancis sampai Amsterdam- Belanda. Kemudian dimanakah produksi kain linen terbaik? Italy merupakan negara yang sangat ahli dibidang proses pemintalan linen menjadi kain linen terbaik. Secara turun temurun mereka mewarisi keahlian yang sulit ditiru oleh produsen linen lain di dunia.
 French Linen duvet cover sets dengan renda - via etsy

Dipasaran kita sering melihat linen dengan label "Belgian Flax Linen" dan beberapa berlabel "Belgian Linen", tidak banyak orang yang mengerti tentang perbedaan besar dari label ini, Belgian Flax Linen adalah linen yang di dapatkan dari tumbuhan linen dari dataran Eropa yang pengerjaan pemintalan dan proses sampai menjadi kain dilakukan diluar Eropa seperti di India dan China. Sedangkan Belgian Linen adalah semua bahan dari mulai tanaman sampai menjadi kain linen di kerjakan di Belgia.
salah satu proses panjang pemintalan serat linen sampai menjadi kain via - lenoklinen

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan sebelum membeli kain linen adalah label sertifikasi dari Masters of Linen Club yang merupakan salah satu Asosiasi yang memastikan dan mengawasi kualitas dari produk, tenaga kerja, standar keamanan dan ramah lingkungan. Hal ini untuk memastikan bahwa kualitas linen yang diproduksi adalah benar-benar dari linen terbaik Eropa yang tentunya akan memberikan kualitas terbaik.
tanaman linen - via victoriaamengual
 
 video proses pengolahan tanaman linen (flax)

 Buat kamu yang mau mencoba membelinya bisa mengunjungi beberapa online shop yang menyediakan keperluan perlengkapan tidur (bedding sets) atau perlengkapan lain dengan bahan linen. Kamu cukup googling dan jangan lupa bandingkan harga, kualitas dan ongkos kirimnya ke Indonesia. Atau kamu bisa mencobanya ikut lelang di eBay, kalau kamu beruntung kamu akan mendapatkan barang dengan kualitas bagus dengan harga yang cukup murah. Di Jakarta saya baru menemukan duvet cover berbahan linen di IKEA, dan setelah pemakaian hampir setahun memang benar kain terasa semakin lembut dan nyaman dan terlihat elegant dan natural.
linblomma duvet cover dari IKEA
Berikut saya berikan contoh beberapa produk berbahan linen untuk inspirasi rumah kamu.
flat sheet dengan warna dusty blue - via lenoklinen
salah satu produk duvet cover dari lenoklinen

serbet meja makan dari linen dengan jahitan hemstitch - via horcow

vintage linen via - inspirationlane
linen table runner via - halemercantileco
warna natural linen pada bantal dan gordyn dari bahan linen via - bungalowclassic
table runner dari bahan linen terlihat natural dan elegant - via countryliving
linen dengan monogrammed - via splendidsass
semakin lama digunakan dan dirawat linen akan semkin lembut dan nyaman - via beeding
Linen merupakan warisan suatu peradaban yang selalu mendapatkan tempat dihati setiap peminat dan penggemarnya.  Suatu kepuasan yang berbeda ketika menikmati kenyamanan dari sebuah karya yang diciptakan dengan proses yang panjang dan dibuat dengan sepenuh hati. (VL)
Quilt cover / duvet cover linen murah 
Taplak meja bahan linen, table runer linen, alas makan linen dan home decor









SHARE

About Vintage Lawas

7 komentar :

  1. Di mana bisa mendapatkan bahan linen di indonesia? Trimakasih, saya sngt menyukai artikel lengkap soal linen ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya, kain linen memang masih jarang di Indonesia, karena masyarakat disini lebih banyak menggunakan bahan katun berbahan kapas. Seperti yang di sampaikan oleh rekan @smile untuk mendapatkan bahan linen bisa di online shop, sayangnya online shop di Indonesia juga kayaknya saya belum menemukan bahan linen, terlebih untuk bahan yang fabrik (yang masih bentuk gulungan. Beberapa waktu lalu saya ke tanah abang, ada beberapa toko yang menjual bahan linen sisa garmen dari luar negeri. Tapi setelah saya beli dan saya gunakan karakter linennya tidak sama dengan kain linen yang saya beli dari luar. Kebetulan saya membeli duvet cover di e-bay dan kmrn membeli lagi di IKEA alam sutera nama produknya Linblomma tp sdh discontinued dan ada produk baru lagi dengan nama puderviva, linknya di sini http://www.ikea.com/id/en/catalog/products/90337578/?query=PUDERVIVA+Quilt+cover+and+4+pillowcases#/30337595

      Saya menggunakan beberapa produk linen linblomma dan setelah pemakaian sekitar 1 tahun kain menjadi lebih lembut dan semakin nyaman.

      Di onlenhop saya masih ada 2 stock linblomma duvet cover ukuran 200 x 200 dan 4 sarung bantal. Bisa di cek dulu di toko saya : https://www.tokopedia.com/vintagelawas/linblomma-quilt-duvet-cover-4-sarung-bantal-200x-200cm

      Terima kasih sdh mampir di blog saya..

      Hapus
  2. Bahan linen biasanya di dapet di toko tekstil besar, karena harga kain linen yang cukup mahal jadi peminatnya aga jarang. bisa juga melakukan pemesanan dari online shop , seperti aliexpress, atau ebay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog saya, semoga berkenan sharing pengetahuan.

      Hapus
  3. pernah beli linen ruby ternyata kainnya seperti saringan tahu ...sedih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduu, turut sedih dengernya.. kalau boleh tau untuk keperluan apa kain linennya? kadang ada yang bilang itu kalin linen entah yang buat kain kerudung atau kain scraf cuma kalau tidak ada label yang menjamin agak susah memasyikan kalau itu adalah kain linen.

      Hapus
  4. Iya sy lihat linen yg bagus seperti di gambar namanya linen prancis, dan sudah ubek2 google adanya import. Import pun belinya harus banyak :'(

    Lalu waktu itu nyari juga bahan spandex rayon, sama kayak linen prancis gaada yg jual di Indonesia :''( sedih

    BalasHapus