Home » » Resep Jitu Membersihkan Jamur di Plafon Rumah Kamu

Resep Jitu Membersihkan Jamur di Plafon Rumah Kamu

Plafon atau ternit seringkali berjamur terutama jika atap rumah kamu sering tampias dari air hujan. Jika kondisi plafon kamu masih bagus dan tidak rusak parah jangan buru-buru menggantinya, selain memerlukan budget yang lebih banyak, juga harus menyediakan waktu untuk mencari tukang, dan memerlukan biaya yang lebih lagi.
Tips berikut ini bisa coba kamu lakukan untuk membersihkan ternit atau plafon kamu yang berjamur.
spot hitam berjamur pada plafon

1. Vinegar atau Cuka
Cuka putih dapat dengan mudah kamu peroleh di supermarket, ada dua cara untuk membersihkan jamur, bakteri dan virus di plafon kamu dengan menggunakan cuka. Cara yang pertama adalah dengan mencampurnya dengan sedikit air untuk mengurangi aroma yang tidak sedap dari cuka. Dan cara yang kedua adalah tanpa mencampurnya dengan air. Semprotkan cuka ke area plafon yang terkena jamur, dan diamkan beberapa jam, kemudian bersihkan dengan sikat dan lap dengan kain bersih.

Aroma cuka yang menyengat memerlukan waktu untuk menghilangkannya, kamu bisa meneteskan essential oil untuk mengurangi aroma dari cuka tadi. (baca juga : tips membersihkan sofa dari kulit)
molding juga sering berjamur karena lembab

2. Tea tree oil

Tree tea oil relatif lebih mahal di bandingkan dengan cara yang pertama. Akan tetapi cara ini manjur dan aromanya pun tidak sekeras aroma cuka. Bau astringent ini akan hilang dalam beberapa hari. Cara menggunakannya cukup campurkan 2 sendok teh dengan 2 gelas air, kemudian kamu semprotkan pada area plafon atau molding yang terkena jamur. Kemudian diamkan beberapa saat dan bersihkan dengan lap bersih.
Tree Tea Oil bisa kamu peroleh di apotik atau beberapa online shop


3. Hidrogen peroksida
Cara yang ketiga dengan menyemprotkan cairan hidrogen peroksida (konsentrasi 3%) di area yang terkena jamur dan biarkan sekitar 10 menit, kemudian lap dengan kain basah untuk membersihkan jamur yang menempel.
plafon yang bersih membuat rumah terlihat lebih nyaman
4. Bubuk soda kue
Cara membersihkan jamur di plafon dan molding lainnya adalah dengan menggunakan bubuk soda kue, campurkan bubuk soda kue dengan air atau kamu bisa menambahkannya dengan cuka. Semprotkan pada area yang terkena jamur dan kemudian gosok dengan lap basah diseluruh permukaan yang terkena jamur.

molding terlihat bersih - via swoonworthy
Perawatan yang optimal diperlukan untuk menjaga area plafon rumah kamu tetap bersih. Atap rumah yang bocor adalah hal yang sering menjadi penyebab rusak atau munculnya jamur di plafon rumah karena kondisi lembab. Selalu kontrol kondisi rumah kamu karena kerusakan kecil akan berakibat fatal dan kondisi yang memburuk jika tetap dibiarkan.
SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar