Home » » 5 Tips Membuat Dapur Outdoor

5 Tips Membuat Dapur Outdoor

Dengan dapur outdoor kita bisa memasak, menjamu teman dan kolega atau kerabat dengan suasana yang lebih santai dan lebih berasa terhibur karena di area terbuka yang bisa memberikan suasana lebih segar.
Apa saja yang perlu diperhatikan ketika akan membuat outdoor kitchen? Secara fungsi dapur outdoor harus memiliki fungsi yang sama dengan indoor kitchen, tambahan grill adalah wajib ketika membuat dapur outdor.
Dapur outdoor bisa menjadi tempat menjamu tamu dan teman yang menyenangkan - via pinterest
1. Pemilihan bentuk/design dapur outdoor
Pemilihan design sangat penting terutama untuk negara tropis seperti di Indonesia, dengan curah hujan yang tinggi. Apakah masih memungkinkan di wilayah Indonesia dengan membuat dapur outdoor?, jawabannya menurut saya sangat mungkin, tinggal sesuaikan design dan material yang digunakan. Tentukan juga besar area dapurnya, karena akan mempengaruhi perlatan masak yang akan digunakan, area persiapan masak, area masak, dan area serving, juga area untuk makan dan bersantai.
Untuk outdoor kitchen gunakan material lantai yang tidak licin, bisa menggunakan lime stone, atau batu alam, atau tegel yang tidak licin dan tentunya gunakan material yang mudah dibersihkan.
Sesuaikan design dan layout dapur outdoor dengan luas area yang akan di bangun - via impressiveinteriordesign


Outdoor kitchen plan - via hac0

2.  Pemilihan Material Meja dan Peralatan Masak
Karena posisinya yang di luar rumah dan langsung terpapar sinar matahari juga terpaan hujan, pilihlah material yang solid, kuat akan tetapi tetap memperhatikan estetika.
Pilihan batu alam sebagai meja bisa digunakan sebagai alternatif pilihan, tentunya dengan memberikan finishing yang rapi dan proses penghalusan dan coating.
Pemilihan material meja ini juga memperhatikan bentuk, warna dan juga finishing yang baik untuk memudahkan ketika membersihkan sisa makanan yang jatuh atau bahan makanan yang tidak digunakan ketika akan mempersiapkan masakan.
Kemudian mengenai peralatan masak, seperti kompor, grill, sink, keran dan pelengkapan masak lainnya juga harus memperhatikan faktor kualitas dan material yang di gunakan. Stainless steel dan waterproof merupakan pilihan yang baik untuk mengurangi korosi dan mudah untuk di bersihkan sehingga lebih higienis
Material dari stianless steel dan waterproof adalah pilihan yang tepat untuk perabot outdoor kitchen - via impressiveinteriordesign

3. Lokasi Dapur Outdoor
Yang perlu diperhatikan adalah keamanan, mengingat dapur outdoor sering di gunakan untuk memanggang, jauhkan dari area yang mudah terbakar. Yang perlu di perhatikan lagi adalah dapur outdoor sebisa mungkin dekat dengan dapur indoor, karena seringkali ketika memasak di area outddor, sering bolak-balik mengambil perlengkapan masak atau bahan masakan yang letaknya di area dapur utama atau dapur indoor. Lokasi juga memperhatikan estetika dan fungsi entertain, sehingga kegiatan masak atau makan di  outdoor lebih meriah dan menghibur dengan ambience alam.
Area backyard biasa di gunakan sebagai outdoor kitchen - via housebeautiful

4. Kelengkapan Dapur Outdoor
Kelengkapan disini maksudnya adalah, area dapur memiliki tempat penyimpanan seperti halnya dapur indoor, pastikan area penyimpanan adalah waterproof dan dengan kualitas yang baik tahan terhadap cuaca panas ataupun hujan. Kombinasikan material batu dengan stainless steel untuk terlihat lebih elegant juga tahan terhadap cuaca.
Outdoor kitchen dengan memberikan atap pada area grill dan serving - via  dsfinehomebuilding

5. Ciptakan suasana nyaman di area dapur outdoor
Dapur outdoor yang sudah dibangun perlu di berikan sentuhan yang nyaman, mengingat dapur outdoor adalah tempat untuk menjamu dan menghibur tamu yang datang dengan mengajak makan di area outdoor.
Meja, kursi, bantal yang nyaman, dekorasi dan tata lampu yang indah dan nyaman akan memberikan pengalaman yang menarik untuk para tamu. Letakkan juga meja panjang untuk menjamu berbagai hidangan buffet, berikan dekorasi pada area meja, juga sekitar area dapur dengan tema yang sesuai.
Outdoor kitchen dengan area tempat makan - via decoist



SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar