Home » , , » Tips Memilih Handle Untuk Lemari dan Laci

Tips Memilih Handle Untuk Lemari dan Laci

Konsep penataan ruang termasuk didalamnya adalah menempatkan perabot rumah seperti laci dan lemari. Untuk menyatukan suatu ruangan, kamu perlu menarik satu warna atau corak atau bahan dari beberapa perabot di ruangan kamu. Termasuk pemilihan handle lemari dan laci diruangan, kamu dapat menggunakannya untuk membentuk tema ruangan dan menyatukan keseluruhan ruangan.
Handle pintu lemari atau laci kamu bisa memilih berdasarkan bahan, bentuk dan warna.

1. Bahan Tembaga (Copper)
Jenis bahan ini akan terlihat kokoh dan membawa suasana yang lebih hangat di ruangan kamu. Pilihlah design atau bentuk handle yang cocok untuk ruangan kamu.
Handle berbahan tembaga untuk laci dan lemari - via allhandlesandpulls
Bahan tembaga dengan warna rose gold akan mengangkat ruangan kamu terlihat lebih mewah dan elegan juga ruangan berasa lebih hangat.

Warna rose gold bahan tembaga berpadu dengan perabot di dapur - via sarahsarna
Bahan tembaga juga terlihat mengangkat suasana dapur berpadu dengan warna-warna lainnya - via mydomaine

2. Bahan Kuningan (Brass)
Bahan jenis ini hampir sama dengan tembaga, yang membedakannya adalah bahan kuningan ini adalah campuran antara tembaga sekitar 60-90  persen dan sisanya dalah logam seng. Warna bahan kuningan ini adalah berwarna kekuning-kuningan mengkilap seperti emas.
Handles berbahan kuningan dengan berbagai design - via peoniesandbrass
Furniture dengan design dan handle berbahan kuningan antik - via antiques-online
Handle pintu berbahan kuningan terlihat manis dengan pintu bercat putih - via quintessenceblog

3. Bahan Nikel (Nickel)
Nikel memiliki unsur warna yang seperti perak atau seperti stainless steel, nikel sendiri pada dasarnya adalah bahan yang lentur sehingga untuk membentuknya menjadi handle pintu diperlukan campuran besi atau bahan lainnya. Untuk keperluan handle lemari atau laci biasanya tidak sepenuhnya berbahan nikel, akan tetapi digunakan sebagai pelapis luarnya saja. Mungkin ada juga yang full nikel tetapi dengan harga yang mahal dan jarang.
Handle berbahan nikel terlihat modern elegan - via martinmoore

Handle berbahan nikel akan cocok berpadu pada hampir semua warna furniture, kalau kamu menginginkan bentuk perabot yang terlihat lebih modern dan stylist bisa menggunakan bahan nikel ini untuk handle laci, lemari atau pintu dan bisa kamu padukan dengan perabot berwarna putih dan silver atau perabot dengan material kaca dan marmer.
Handle berbahan nikel dengan warna silver cocok untuk design modern - via iheartorganizing

4. Bahan Dengan Warna Hitam
Buat kamu yang menyukai warna yang solid dan kontras, warna hitam bisa menjadi pilihan untuk handle pintu, lemari ataupun laci di ruangan kamu. Warna hitam akan memberikan sentuhan yang klasik pada perabot di rumah kamu. Sesuaikan beberapa perabot lainnya dengan warna yang sama. Misalnya untuk laci-laci dapur yang menggunakan handle berwarna hitam, kamu bisa memadukan dengan perlengkapan dapur dari stainless berwarna hitam, atau warna kompor dan cooker hood atau penghisap asap dapur yang berwarna hitam.
Handle berwarna hitam terlihat klasik dan tegas - via apartmenttherapy

Perpaduan yang kontras antara handle warna hitam dengan dapur berwarna putih - via bloglovin

5. Tempat Belanja Handle Unik
Beberapa online shop seperti lazada menyediakan handle untuk lemari atau laci juga pintu dengan design yang bervariasi, kamu cukup memasukan keyword "handle drawer" atau kalau menginginkan bentuk yang unik atau vintage cukup tambahkan "vintage handle drawer" misalnya, nanti akan diarahkan ke produk yang dimaksud selama online shop itu menyediakan.
Salah satu produk handle yang di jual online di aliexpress

Untuk kamu yang lebih suka memilih dan melihat langsung berbagai produk handle bisa mengunjungi beberapa toko di pusat alat-alat rumah tangga seperti Mitra 10 atau toko-toko bangunan lainnya, di Jakarta untuk produk yang lebih beragam dengan harga murah bisa mencobanya di pusat alat-alat rumah tangga Kenari. Kamu juga bisa mendapatkannya di Ace Harware atau IKEA.
Beberapa waktu yang lalu saya sempet membelinya disebuah toko batik "Hamzah Batik" dahulu bernama "Mirota Batik" dengan harga yang cukup murah dan design yang terlihat vintage yang saya suka.

Beberapa produk handle vintage dan klasik yang saya beli di Hamzah Batik Yogyakarta
Sekedar informasi saja buat kamu yang menyukai barang-barang jadul tidak hanya handle pintu dan sejenisnya tapi berbagai produk lawas vintage, seperti setrika arang, lonceng unik, beberapa miniatur hewan dari tembaga atau kuningan untuk pajangan di rumah atau cafe, kamu bisa hunting di beberapa pusat barang lawas dan antik, kalau di Jakarta kamu bisa mengunjungi Jalan Surabaya atau Kemang dan wilayah Pasar Senen. Saya sempet melihat-lihat di samping pasar Beringharjo dan pasar Klithikan di Yogyakarta. Perlu diingat kamu harus benar-benar jeli sebelum membeli apakah benar-benar produk bagus, dan jangan lupa menawar semurah mungkin, kamu bisa coba browsing terlebih dahulu harga produk yang kamu inginkan tersebut, mengenai macamnya dan harga pasar wajarnya.







SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar