Home » » Anatomy Tempat Tidur yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Menciptakan Tempat Tidur Impian

Anatomy Tempat Tidur yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Menciptakan Tempat Tidur Impian

Untuk mencapai perpaduan yang sempurna di tempat tidur, kamu perlu mengetahui bagian-bagian dari kelengkapan sprei set atau bedding set agar tempat tidur semakin nyaman dan terlihat cantik. Bukan suatu kewajiban memang untuk memasang semua kelengkapan bedding set, karena bagi sebagian orang cukup dengan sprei dan bantal saja sudah nyaman. Buat kamu yang menginginkan tampilan tempat tidur yang sempurna dan layaknya kamar-kamar di hotel mewah atau di rumah-rumah selebritis dunia yang mengutamakan kenyamanan dan kesempurnaan tempat tidur, informasi mengenai kelengkapan bedding sets berikut ini akan membantu kamu menciptakan tempat tidur yang sempurna. (baca juga : 10 Ide Kamar Tidur)
bedding sets dengan floral pattern - via legacylinens

1. Euro Sham
Bantal dengan bentuk kotak persegi (square) berukuran kurang lebi 66 cm, biasanya dijahit dengan flange atau kuping. Penempatannya adalah di paling belakang atau menempel headboard tempat tidur. Motif sarung euro sham biasnya disesuaikan dengan motif atau corak dari salah satu bedding setsnya, bisa duvet cover atau coverlet.
2. Standar Sham
Bantal dengan ukuran yang lebih kecil dari euro sham, ukurannya berbeda-beda termasuk tingkat ketebalannya. Biasanya penjual akan menanyakan terlebih dahulu sarung bantalnya ukuran yang berapa dan ketebalannya  apakah firm atau standar.
bedding sets bergaya tradisional - via horcow
3. Standar Case
Beberapa orang nyaman dengan bantal yang tipis ada juga yang lebih suka dan nyaman dengan bantal yang lebih tebal,bantal ini yang biasa digunakan sebagai bantal tidur. 
4. Decorative Pillow
Keberadaan bantal ini untuk pemanis tempat tidur, ukurannya relatif kecil dengan motif atau warna menyesuaikan bedding setsnya.
bedding sets dengan design yang lebih modern - via aulitfinelinens
5. Flat Sheets 
Bentuknya seperti sprei tanpa karet dengan ukuran yang berbeda-beda sesuai ukuran tempat tidur. Flat sheet di tempatkan bagian bawah duvet cover.
6. Coverlet
Bisa digunakan sebagai selimut atau pemanis yang biasanya di lipat dan di tempatkan di area kaki, atau di matras bagian atas.
bedding set di ruang guest bedroom - via homebunch
7. Duvet dan Duvet Cover
Duvet digunakan sebagai selimut, juga sebagai bagian utama yang terlihat di atas tempat tidur, isi duvet umumnya dari micro fiber, bulu angsa, atau polyester atau bahan lain. Duvet perlu di berikan sarung yang disebut duvet cover. Duvet cover ini biasanya memiliki corak atau warna yang sama dengan bantal.
8. Fitted Sheet
Fitted  sheet atau sprei, selain untuk melindungi kasur, sprei juga bagian penting dari bedding sets. Ada dua jenis sprei yaitu yang menggunakan karet  di sekeliling sprei atau tiap pojokan untuk memudahkan pemasangan pada kasur (fitted sheet), dan sprei yang tidak menggunakan karet, hanya dijahit rapi sekeliling bahan, sprei ini memudahkan untuk digunakan di berbagai ukuran mattress/kasur.

bedding sets berbahan linen blend - via legacylinens
9. Bed Skirt
Adalah bagian di bawah atau sekeliling kasur bagian bawah untuk menutupi matras bagian bawah. Beberapa tempat tidur menggunakan bed skirt ada pula yang tidak menggunakannya, terutama tempat tidur yang memiliki ruangan di bawahnya.
10. Comforter
Bentuknya seperti seperti duvet akan tetapi memiliki material isian yang lebih tebal, biasanya dari microfiber, bulu angsa, wol atau sutra. Tingkat ketebalan dan material akan mempengaruhi berat dan tingkat insulation atau tingkat kehangatan yang dihasilkan. Untuk material covernya biasanya dari bahan katun atau bahan lain yang lebih nyaman. Umumnya berwarna polos putih, akan tetapi sekarang banyak tersedia bermacam warna dan motif dan dibuat bantal set nya. Comforter di jahit untuk menjaga isian tetap terpasang secara merata.
Comforter untuk mendapakan kualitas tidur yang nyaman - via wayfair
11. Quilt
Berfungsi juga sebagai selimut atau pengganti duvet. Quilt biasanya terbuat dari katun yang di jahit bolak balik dengan isian dari kapas, microfiber, atau bahan lain seperti polyester yang di jahit menyatu dengan kain luarnya. Teknik ini disebut quilting.
bedding set bergaya shabby chic dengan quilt - via livingpierside
12. Mattress Protector
Mattress Protector digunakan untuk melindungi kasur dari debu, kotoran, atau tumpahan air atau makanan. Mengingat kasur atau mattress tidak mungkin kita mencucinya maka menjaganya tetap bersih adalah hal yang sangat penting. Kamu bisa memilih mattress protector yang bisa menutup seluruh kasur atau hanya bagian atasnya saja. Di pasaran juga tersedia mattress protector yang tidak tembus air, jadi kasur akan terjaga dari basah terutama jika memiliki anak yang masih bayi.
Mattress Protector sebagai pelindung dari debu dan kotoran lainnya - via carolwrightgifts

13. Mattress Topper
Mattress topper merupakan pilihan buat kamu yang menginginkan kenyamanan lebih. Selain fungsi utamanay untuk menambah kenyamanan tidur, mattress topper juga untuk melindungi mattress dari kontak langsung dengan tubuh kita, sehingga bisa selalu bersih dan awet. Material luar biasanya terbuat dari katun, sutra, atau cashmere. Sedangkan isi atau fillernya bisa dari memory foam, micro fiber, cashmere, wool atau sutra.
Mattress Topper akan memberikan tingkat kenyaman yang lebih ketika tidur - via bedlinendirect
Untuk mendapatkan tempat tidur impian memang memerlukan usaha dan informasi yang cukup mengenai bedding sets, fungsi dari tiap-tiap bagian, jenis material apa saja yang digunakan, kemudian kelebihan dan kekurangannya dan juga perawatannya. (baca juga : Tema Black White Keren Buat Kamar Tidur Kamu)
SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar