Home » » Tips Menjamu Makan Malam Teman atau Kolega

Tips Menjamu Makan Malam Teman atau Kolega

Jamuan makan malam untuk teman atau kolega akan mempererat hubungan baik secara personal ataupun hubungan bisnis. Jamuan makan malam adalah sesuatu yang menyenangkan, intim dan penuh kenyamanan atau seuatu yang sakral dan indah.
dinner table setting dengan tema rustic - via howto-simplify
Bagaimana mengatur jamuan makan malam dengan baik dan benar? Berikut tips yang bisa kamu lakukan.

  1. Tema meja makan, sudah bisa dipastikan ini hal yang penting karena akan membawa suasana makan malam para tamu. Kamu bisa memulai dengan ide sederhana dengan menempatkan kain polos bisa putih atau berwarna,  berikan sentuhan vibrant dengan penggunakan perlengkapan meja makan yang lebih berwarna, bisa gunakan serbet makan atau alas gelas. 
  2. Center point meja makan harus ada, kamu bisa menempatkan vas bunga dengan bunga segar atau bunga tiruan (gunakan material bunga tiruan senatural mungkin, agar tidak terlalu terlihat palsunya). Tempatkan lilin dengan candle holdernya. Penempatan kedua perlengkapan meja makan ini bisa kamu atur, jika makan malam dengan tamu empat orang, cukup gunakan satu set, tetapi jika undangan makan malam untuk banyak orang dengan meja panjang misalnya delapan atau sepuluh orang, kamu harus mengatur penempatan vas bunga dan candle holder apakah dua set, atau vas bunga besar di tengah meja dengan dua candle holder di tiap sisi  berdekatan dengan vas.
    center point  dari meja makan dapat menggunakan candle holder atau hiasan bunga - via bonappetit
  3. Lighting atau pencahayaan adalah hal yang tidak boleh kamu lewatkan, gunakan pencahayaan yang tidak terlalu terang, gunakan pencahayaan yang lembut, jangan gunakan lampu dengan warna putih menyilaukan, ini sajian makan malam penuh kenyamanan, bukan gerobak martabak terang bulan. Jika ada gunakan bentuk lampu yang indah bisa chandelier atau lampu gantung dengan bentuk yang indah.
  4. Sebelum tamu datang, di meja makan sudah tersaji makanan yang umum atau kudapan yang tamu bisa mengambil sendiri, sajikan makanan ringan seperti sayuran segar kukus, kentang, salad, dan jangan lupa bumbu tambahan seperti saos, lada, garam, atau mayonesse. Siapkan juga mineral water atau teh hangat. Intinya ini adalah makanan sambutan, sambil mengakrabkan suasana.
    penyajian makanan pembuka sebaiknya sudah tersedia di meja makan untuk menyambut tamu yang datang - via taketwotapas
  5. Semua makanan yang akan disajikan wajib sudah tersedia di dapur, jika memang perlu menjaga tetap hangat gunakan penghangat makanan, terutama jika kamu tidak memiliki asisten rumah tangga, makanan sudah kamu plating sebelum tamu datang, termasuk menghias makanan yang akan disajikan. Hal ini penting karena kamu akan tetap menjadi bagian dari pesta makan malam dan tetap bisa bergabung dengan tamu.
  6. Tentukan siapa yang akan di layani terlebih dahulu, ini biasanya tergantung dari budaya di daerah kamu. Apakah orang tua terlebih dahulu, atau laki-laki kemudian wanita dan anak-anak.
  7. Sajikan makanan dari arah kanan tamu atau dari arah kiri kita, karena mereka akan menerimanya dengan tangan kanan. Seandainya mereka adalah kidal, menurut saya ini tetap sopan. 
    pastikan teman atau kolega yang diundang untuk makan malam mendapatkan pelayanan yang terbaik - via crateandbarrel.
  8. Jaga agar penyajian makanan terus berlanjut, hal ini agar mereka tidak menunggu dan muncul pikiran makanan berikutnya apa? Mungkin ini terlihat sepele tapi menjaga suasana meja makan di antara perbincangan agar tetap nyaman dan penuh keakraban.
  9. Jangan lupa kamu bisa meceritakan tetang makanan yang kamu sajikan, bumbu atau resep turun temurun keluarga, ini akan membuat suasana makan malam semakin seru.
  10. Selalu sigap dengan piring yang habis digunakan tamu, jangan biarkan piring kotor dihadapan mereka, jika kamu terlalu sibuk dan tidak ada yang membantu. pastikan jangan lebih dari dua piring tamu di hadapan mereka. Mereka akan sangat merasa diperhatikan dan dilayani dengan baik sebagai tamu, ketika kamu memberikan perhatian seperti itu. Hal ini akan memberikan kesan positif jika itu merupakan jamuan makan bisnis.
    buat tamu senyaman dan sebahagia mungkin dengan undangan makan malam kamu - via sweden
  11. Angkat semua piring-piring kotor, ingat ya cukup angkat dan bawa ke dapur. Jangan merapikan makanan yang tersisa di depan tamu, rapikan sisa-sisa makanan di dapur dan jaga jangan menimbulkan suara berisik dentingan piring dan sendok ketika membersihkan sisa makanan. Kemudian tumpuk di bak cuci tempat cuci piring atau rak khusus piring kotor.
  12. Patikan sebelum menyajikan makanan penutup, angkat semua makanan utama yang ada di meja makan, termasuk bumbu-bumbu, dan jika sendok dessert belum kamu letakan sebelumnya, kamu bisa menaruhnya sekarang.
  13. Sajikan makanan penutup, dan seperti sebelumnya sajikan dari arah kanan tamu. Jika ada makanan yang disajikan untuk sharing tempatkan di tengah meja makan.
    salah satu ide penataan dinner table set dengan tema blue - via thecelebrationsociety
     
  14. Jangan lupa kamu adalah tuan rumah, kamu adalah orang terakhir yang akan mengambil makanan atau terakhir menyiapkan makanan untuk diri kamu sendiri, pastikan semua tamu sudah mendapatkan makanan yang kamu sajikan. Ini terlihat sederhana tapi akan terlihat tidak sopan dan sensitif untuk tamu.
  15. Jangan lupa tanyakan keperluan mereka, intinya siap membantu yang mereka butuhkan dan peka dengan kondisi yang terjadi di meja makan.
Semoga rencana undangan makan malam kalian sukses ya guys, jika ada tambahan saran silakan tambahkan di kolom komentar :)
SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar