10 Tips Cara Berbelanja di IKEA

Saat ini IKEA Indonesia hanya memiliki satu store di daerah Alam Sutera Tangerang, kedepannya mungkin akan menambah store lagi di daerah-daerah lain. Karena kondisi inilah muncul peluang-peluang bisnis baru seperti jasa titip dan penjualan online di marketplace.
Akan tetapi pihak IKEA sepertinya keberatan jika produk-produk mereka di jual di marketplace dengan akun penjual yang tidak resmi, sehingga banyak penjual retail yang memasang produk jualannya dengan brand IKEA diturunkan/dilarang berjualan lagi produk IKEA.



Hal ini memang beralasan, mungkin pihak IKEA takut terjadi pemalsuan produk atau hal lain. Akan tetapi ada sisi baiknya juga kalau menurut saya, brand IKEA akan lebih mudah tersebar, dan produk-produknya lebih cepat terjangkau ke wilayah-wilayah yang belum tercover pengiriman IKEA, atau setidaknya pembeli mendapatkan ongkos kirim yang lebih murah, termasuk mendapat promo-promo dari marketplace, seperti cashback, free ongkir, point dsb. Sehingga pembeli akan merasa di untungkan dan memungkinkan melakukan pembelian ulang, dari sisi penjual juga memperoleh keuntungan, meningkatkan income masyarakat, dan juga menaikan traffic perusahaan pengiriman.

Nah buat kalian yang menginginkan produk IKEA dan sulit di dapatkan secara online, kalian bisa langsung ke area storenya di Alam Sutera Tangerang. Berikut ini tips-tips ketika akan berbelanja di IKEA.

ikea catalogue - via ikea

  • Lihat catalog atau di website IKEA, hal ini penting karena kita akan mendapatkan informasi produk yang akan di beli atau perlu di lihat. Di katalog tersebut berisi semua keterangan tentang produk, dan area pengambilannya.
  • Berangkatlah lebih pagi, menuju IKEA bisa menggunakan beberapa opsi, jika pake kereta turun di stasiun Rawa Buntu, lanjut angkot atau ojek. Kalau angkot turun di bunderan Alam Sutera, ongkos angkot kalau tidak salah sekitar Rp. 6.000, dari situ lanjut menggunakan ojek atau Sutera Loop (mini bus khusus wilayah Alam Sutera) bus nya keren jadi bisa foto-foto dan ongkosnya cuma Rp. 5000,- Jika Menggunakan mobil pribadi, lebih cepat via tol, dan keluar di tol Alam Sutera, pas keluar tol gedung IKEA sudah terlihat.

Kenapa harus berangkat pagi? IKEA akan sangat ramai menjelang siang terlebih lagi jika weekend. Kalau sampai sana pagi, restoran buka jam 9.30 pagi jadi kita bisa sarapan dulu sambil menunggu toko buka jam 10.00. Ketika di buka jam 10.00 kita bisa memilih barang lebih nyaman karena toko belum penuh sesak. Petunjuk arah ke IKEA

ikea alam sutera - via ikea
  • Belanja atau sekedar lihat-lihat, jika kita sudah memiliki list yang akan dibeli sebaiknya langsung menuju lantai satu, terutama ketika SALE sedang berlangsung karena produk SALE IKEA biasanya udah diserbu habis duluan sama penjual online atau jasa titip, jangan lupa ambil troley atau tas di area masuk. Dan jika kalian hanya ingin melihat-lihat lebih baik menuju area display dan inspirasi di lantai dua, baru nanti ke area display barang di lantai satu.
  • Lihat daftar belanja, pastikan produk yang akan di beli sudah kita ambil di setiap area yang kita datangi. Hal ini untuk menghindari kita balik lagi ke area yang sudah datangi karena terlewat, hal ini cukup memakan waktu dan tenaga karena kita akan melawan arus jalannya orang, terlebih jika kita membawa troley.

inspirasi ikea - via ikea

  • Ikuti jalur lorong toko, buat kalian yang mungkin baru pertama kali ke IKEA, di IKEA sudah di berikan arah jalan atau lorong-lorong yang terdapat tanda panah di lantainya, tujuannya adalah agar kalian bisa melihat semua produk IKEA seluruhnya tanpa kebingungan area mana yang belum di datangi, kalau kalian sudah sering dan ingin melewati area yang tidak di inginkan, di IKEA juga terdapat pintu shortcut ke area lain, jangan salah pintu darurat ya gaes. Biasanya ini anak-anak kecil yang gak di pegangin Ibu Bapaknya.
ikuti tanda panah untuk menyusuri semua area di IKEA - via londonist
  • Manfaatkan alat ukur, pensil dan panduan belanja, di tiap-tiap area banyak di sediakan alat ukur meteran berbahan kertas, pensil dan panduan, fungsinya adalah untuk mengukur produk yang akan di beli apakah cocok atau sesuai jika di pasang di rumah.
  • Catat atau foto label produk yang terdapat pada display, misalkan kalian menginginkan untuk membeli lemari yang ada di area display, catat kode produknya dan kode area pengambilannya, misal di rak AB, nomor XX, nanti cukup ke rak yang di tuju dan ambil produknya, bisa minta bantuan staff untuk menurunkannya dari rak.

ikea warehouse di Hyderabad, area pengambilan barang kurang lebih seperti ini - pic via arabnews
  • Konsultasikan produk dengan staff IKEA, hal ini untuk memastikan apakah produk yang akan kita beli cocok atau sesuai dengan ukuran ruangan di rumah, kalian juga bisa konsultasi mengenai produk dan design yang akan kalian terapkan di rumah. Staf IKEA ada di hampir semua area, jadi tidak perlu khawatir.
  • Ambil sendiri barangnya, di IKEA terutama perabotan yang besar seperti lemari, meja, kursi, dipan, dan masih banyak lagi, area pengambilannya di akhir atau di ujung toko (ikuti petunjuk arah lantai) sebelum sampai ke kasir. Di situ terdapat banyak lorong dan rak tinggi yang berisi semua produk, cara mencarinya adalah dengan melihat kode produk yang tadi sudah kita catat atau foto.
pick up point ikea - via ikea
  • Perakitan dan Pengantaran, setelah proses pembayaran di kasir selesai, kalian bisa langsung membawanya pulang dan merakit sendiri di rumah dan setiap produk ada informasi cara perakitannya. Dan jika kalian ingin produknya di antar dan sekalian minta di rakitkan, kalian langsung saja menuju area counter CS, areanya setelah keluar dari kasir ada di sebelah kanan, jangan lupa pencet nomor antrian layanannya. Tentunya ada biaya tambahan untuk layanan pengantaran dan perakitan. Di area ini juga menerima penitipan belanjaan, jadi kita tidak perlu membawa belanjaan ketika akan mengeksplore area IKEA lainnya di lantai dua atau ke restoran. Ikea juga melayani pembelian secara online di website nya, dan pengantaran gratis sampai pick point yang di sediakan.
  • Kembalikan jika tidak cocok, jika produk yang sudah di gunakan di rumah ternyata tidak cocok atau tidak sesuai, kurang nyaman, terlalu besar atau kekecilan di ruang rumah kalian, silahkan kembalikan produknya jangan melibihi waktu 30 hari dari pembelian dengan membawa struk pembelian, dan pembungkus atau kemasannya. baca kebijakan pengembalian disini
ide penataan meja makan - via ikea

  • Jangan lupa ke area inspirasi dan display di lantai dua, nah di area ini bisa di bilang tempat rekreasi juga karena banyak area-area yang tertata dengan apik dan menginspirasi bagaimana cara menata sebuah hunian, kalian akan melihat banyak design produk, dan tata ruang, dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, taman, dapur, contoh penataan rumah dengan luasan yangberbeda-beda dan juga produk-produk inovatif dari IKEA, jangan lupa juga untuk mencobanya, apakah cocok dan nyaman sebelum memutuskan untuk membelinya. Jika tertarik jangan lupa catat atau foto kode produk dan kode area pengambilannya.
salah satu menu di restoran ikea "meatball" - via ikea


Area Restoran, nah sebagai bonus karena membaca sampai akhir saya infokan mengenai restoran di IKEA. Setelah berbelanja kita bisa menikmati menu makanan yang berbeda di restoran IKEA di lantai dua, ada makanan western ada juga makanan Indonesia, dan jika pagi ada menu breakfast juga. Harganya masih cukup terjangkau, kalau pagi masih menemukan menu breakfast mie ayam atau menu western breakfast di bawah Rp. 25.000,-. Restoran ini kalau siang antriannya luar biasa, jadi jika cuma sekedar mau ngopi-ngopi atau kue-kue, kalian cukup ke area cafe nya yang ada di sisi sebrang restoran atau ada juga di lantai satu depan kasir. Di restoran ini juga kalian free refill teh, kopi dan softdrink. Dan es krim lezat cukup Rp. 4000,- ambil sendiri di mesin es krim dengan memasukan koin yang kita beli di kasir. Kemudian aturan di restoran IKEA, setelah selesai makan alat makannya wajib di bereskan sendiri dan di masukkan ke rak peralatan makan kotor, gunakan troley dan hati-hati agar tidak jatuh peralatan makannya. cek menu restoran ikea

Itulah beberapa tips cara berbelanja di IKEA, jika kalian sudah pernah kesana boleh di share pengalaman kalian di kolom komentar. Selamat Berbelanja ...!!
SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar