Home » , » Yang Perlu Kamu Ketahui Perbedaan Goose Down vs Duck Down dan Feather

Yang Perlu Kamu Ketahui Perbedaan Goose Down vs Duck Down dan Feather

apa itu duck down, goose down, feather ? - pic via tesorilinens

Kadang kita sering bingung membedakan isian bedding sets dari sebutan diatas, goose down, duck down, goose feather, duck feather.
Bagi sebagian orang hal ini sangat penting, karena kualitas tentunya. Oke, yang perlu di pahami pertama adalah jenis unggasnya adalah goose atau duck. Goose adalah angsa sedangkan duck adalah bebek.
perbedaan angsa dan bebek - pic via downandfeathercompany

Mana yang terbaik? menurut IDFL ( International Down and Feather Testing Lab ) secara umum goose memiliki kelebihan di banding duck, akan tetapi bulu bebek dengan kualitas yang terbaik akan lebih unggul jika di bandingan dengan bulu angsa dari kelas biasa.
Kemudian apa keuntungan pemakaian bulu pada perlengkapan tidur kita? Bulu merupakan bahan natural yang merupakan bahan isolasi alami yang menyerap panas tubuh, breathable sehingga bersih dan keringat tidak tertahan di dalamnya, keuntungan lainnya adalah mudah dalam perawatan, bersihkan sesuai intruksi dan sesekali diangin-anginkan. Bulu juga sangat mudah kembali mengembang ke bentuk semula. Keuntungan lainnya adalah material bulu akan menjaga tetap hangat pada kondisi dingin dan pada cuaca panas akan tetap dingin, material ini juga awet bertahun-tahun sehingga menjadi invetasi yang cerdas untuk perlengkapan bedding di rumah.
perbedaan jenis bulu angsa - via alpkit

Bulu angsa biasanya di produksi dari angsa yang sudah dewasa yang tentunya akan lebih memiliki fill power yang lebih tinggi, (baca juga : fill power bulu angsa dan bebek) dari segi elastisitas dan durability bulu angsa juga memiliki kualitas yang lebih baik dari bebek.
Salah satu penyebabnya adalah dari segi sumber makanan yang di makan oleh angsa dan bebek, angsa biasanya hanya makan dari daun atau rumput-rumputan sedangkan bebek jenis makanannya lebih beragam hal ini pula yang kadang membuat bulu bebek lebih memiliki masalah pada bau di banding angsa.
kenyamanan goose down menjadi faktor penting ketika memilih isian duvet atau bedding set lainnya - pic via myduvetandpillow

Kemudian apa perbedaan antara down dan feather, apakah penting? Jawabannya kalau menurut saya adalah "sangat penting" mengapa? karena kenyamanan yang akan di terima sangat berbeda.
Bulu pada angsa atau bebek adalah penutup luar kulit, ada bulu yang berfungsi untuk terbang, melindungi dari air sehingga tetap bisa terbang ketika kena air. Down adalah bulu-bulu lembut yang terdapat di area dada dan perut angsa atau bebek berfungsi untuk insulasi agar bebek atau angsa tetap hangat, bulu lembut ini memiliki round center yang di sebut "plumule" bulu-bulu ini memliki ribuan serat kecil yang akan berasa lembut, itulah sebabnya mengapa down akan memberikan kenyamanan yang lebih dibanding bulu bagian lainnya yang memiliki tulang di bagian tengah bulu yang kadang akan menusuk keluar ke sarung dari bantal atau sarung duvet yang kadang menusuk kulit kita.
perbedaan feather and down - pic via verolinens


Hal yang penting lagi sebelum membeli produk dengan filling bulu bebek atau angsa adalah sertifikasi dari badan internasional yang biasanya di cantumkan pada label produk. (VL)




SHARE

About Vintage Lawas

1 komentar :