Home » , » Mengenal Gaya Rumah Mediterranean

Mengenal Gaya Rumah Mediterranean

Rumah bergaya mediterania merupakan salah satu gaya arsitektural yang banyak dipakai dan cukup populer. Gaya rumah mediterranean adalah bentuk arsitektural yang sangat di pengaruhi oleh bentuk bangunan yang ada di negara-negara di sekitar laut mediterania, seperti negara Yunani, Italia, Spanyol, Prancis dan negara-negara di sekitar laut mediterania. Secara garis besar ada tiga pendekatan rumah bergaya mediterania yaitu Yunani, Italia dan Spanyol.
Courtyard rumah bergaya mediterania dengan warna-warna natural - via houseplans

Perbedaan antara ketiga style ini tidak terlalu besar lebih kearah penggunaan material interior seperti misalnya pada gaya Italia, lantai biasanya menggunakan marmer, kemudian penggunaan kayu sebagai penyangga langit-langit, dan lampu gantung berbahan besi, serta pemakaian furniture yang besar dengan detail ukiran.
Pada gaya Yunani lebih sederhana dengan membiarkan dinding di aci biasa dengan warna putih. Pada gaya Spanyol lebih condong ke arah gaya Italia dengan ciri khas penggunaan banyak material dan lebih kaya warna. Untuk menambah unik lagi ada yang mengadaptasi gaya Moorish dengan detail dan ornament yang dipengaruhi oleh Islam pada abad ke-9 atau ke-10.
Interior rumah bergaya mediterania dengan penggunaan warna dan material yang lebih kaya - via impressiveinteriordesign

Bentuk khas dari bangunan bergaya mediterania adalah adanya lengkungan pada pintu dan jendela, bagian atap menggunakan genting, dan dinding di plester acian, bagian dalam memiliki area yang cukup luas dan bentuk lengkung biasanya berulang pada bagian interior, juga bantalan atau kayu penyangga roof yang terekpose.
Bentuk lengkung pada pintu dan jendela pada rumah bergaya mediterania spayol - homeplans
Arsitektural sangat di pengaruhi oleh kondisi alam di wilayah mediterania yang beriklim panas dengan intensitas sedang, dan berangin dengan intensitas yang tinggi, sedangkan untuk warna-warna juga mengambil dari warna alam di sekitar laut mediterania seperti biru (cobalt blue) dan hijau yang mengambil inspirasi dari warna laut, warna putih dari pasir laut. Warna-warna lainnya adalah warna kuning pucat, merah (terra-cottas), juga warna dusky lavender.
Interior yang luas dengan furniture yang besar juga penggunaan kayu yang terekpose pada atap - via bjdhausdesign

Penggunaan furniture pada gaya rumah ini adalah furniture dengan ukuran yang cukup besar dengan kaki-kaki yang kokoh, penggunaan warna gelap pada furniture dengan detail ukiran.
Pada bagian dinding ada beberapa area yang menggunakan keramik dengan detail motif atau ubin yang di lukis, terutama di area dapur.
Farm House bergaya mediterania dengan warna natural dan terra cotta - via roomido
Pemakaian ubin/keramik dengan motif yang terpasang di dinding dapur - via classicaladdiction

Gaya mediterania menyeimbangkan antara indoor dan outdoor. Gaya ini akan memaksimalkan area outdoor menjadi tempat yang menyenangkan dengan menciptakan taman yang indah seperti pot-pot besar dengan bunga warna-warni juga dengan membuat air mancur, menempatkan furniture yang besar dan nyaman yang biasanya dari bahan besi tempa, juga dengan menempatkan lentera yang akan membawa suasana yang hangat.
Courtyard dengan air mancur dan tempat bersantai - via pinterest
Dapur dengan ubin bermotif pada area dinding dapur - via pinterest
Kamar tidur dengan langit-langit dengan kayu ter-ekpose - via houzz
Pemakaian ubin dengan motif pada area tangga - via inspiredbythis
Warna merah terakota pada lantai berpadu dengan bata dan kayu yang dibiarkan ter-ekpose - via thompsoncustomhomes
Mediterranean dengan style Spanyol - via interior-idea
(VL)

SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar