Home » » Segarnya Ruang Tamu Bergaya Shabby Chic

Segarnya Ruang Tamu Bergaya Shabby Chic

Ruang tamu kadang juga berfungsi untuk ruang santai dan sebagai tempat ngumpul dengan teman-teman dekat atau acara keluarga, arisan, rujakan (nih buat para emak-emak) atau hal-hal yang bersifat santai lainnya. Bagaimana untuk membuat ruang tamu yang terlihat fresh, hangat dan welcome kepada siapapun yang datang berkunjung? Ruang tamu bergaya shabby chic bisa menjadi pilihan kamu untuk menata dan menampilkan rumah terlihat lebih segar, simple, dan hangat. (baca juga : kamar tidur shabby chic)

Gaya shabby chic merupakan trend yang populer, gaya ini sebetulnya adalah penggabungan antara furniture antik, dengan warna-warna pastel, kemudian penggunaan kain dengan renda-renda, atau motif bunga-bunga, unsur feminine terlihat lebih kuat pada gaya ini. Shabby chic juga bisa disebut sebagai gaya country chic, atau vintage chic.
Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan ruang tamu bergaya shabby chic yang hangat dan romantis.
Ruangan dengan warna-warna lembut dan pernak-pernik khas shabby chic - via pinterest

1. Pemilihan furniture
Yang perlu diingat dalam pemilihan furniture untuk menampilkan shabby chic adalah dengan pemilihan warna dan design furniture. Pilihlah furniture dengan warna lembut atau warna-warna pastel, dan untuk menampilkan kesan shabby adalah dengan memberikan efek vintage atau kesan furniture lama, caranya antara lain dengan melakukan teknik pengecatan vintage, atau pengamplasan pada bagian-bagian tertentu.
(baca : teknik mengecat vintage)
Salah satu contoh lemari french style yang bisa diaplikasikan untuk ruang bertema shabby chic - via crownfrenchfurniture

Cara lainnya adalah dengan membeli beberapa furniture bekas pakai dengan design yang vintage atau shabby chic, seperti apa bentuk-bentuk furniture shabby chic? Seperti yang disebutkan diatas warna-warna lembut, kemudian beberapa motif bunga pada sarung sofa atau bantal. Sebetulnya tidak harus motif bunga semua, karena bisa membosankan, kamu bisa memadukan misalnya sofa dengan kain penutup garis-garis dengan warna soft, dipadukan dengan bantal dan taplak renda atau motif bunga khas shabby chic.

Penggunakan box penyimpanan dengan warna lembut dengan teknik pengecatan distress bisa di jadikan pilihan untuk furniture ruang tamu bergay ashabby chic. via digsdigs
2. Pemilihan warna ruangan
Warna pastel adalah pemilihan yang tepat, karena shabby chic lebih mengutaman kelembutan dan feminine. Cat dinding kamu dengan warna-warna lembut seperti broken white, krem, soft blue atau warna-warna lembut lainnya. Gunakan kain seperti gorden, taplak meja atau drapery di ruang tamu dengan warna lembut atau motif bunga atau renda.
Pemilihan warna soft untuk ruangan bergaya shabby chic - via rilane

3. Pernak-pernik shabby chic
Apa saja pernak-pernik shabby chic? Beberapa bentuk dekorasi untuk menciptakan shabby chic, kamu bisa menempatkan vas dari keramik atau seng dengan bentuk pitcher, taruhlah bunga untuk menyegarkan suasana ruangan. Kamu juga bisa menempatkan beberapa piring keramik dengan motif toile, juga tempatkan cermin dengan bingkai kayu yang terlihat vintage dan rustic dengan warna pastel.
Cermin dengan bingkai bergaya shabby chic bisa kamu gunakan untuk menambah suasana shabby chic di ruang tamu kamu, juga sekaligus untuk memberikan efek ruangan yang lebih lega. via - pinterest
 
Pilihlah pernak pernik khas shabby chic untuk mendukung furniture di ruangan - via houzz

Pemilihan lampu ruangan juga penting, pilihlah lampu dengan design klasik, dan hindari bentuk-bentuk lampu yang terlalu modern atau model yang terlalu maskulin.
Menciptakan vignettes dengan tema shabby chic akan memperkuat shabby chic di ruang tamu kamu - via houzz
Membuat meja vignettes dengan tema shabby chic merupakan pilihan yang tepat untuk menciptakan kesan shabby chic yang kuat di ruang tamu kamu.  Tips lainnya kamu bisa melihat-lihat di flea market, atau di pasar-pasar loak, disana sering mendapati barang-barang jadul dan vintage yang bisa kamu gunakan untuk dekorasi ruang tamu kamu.
Kamu juga bisa membuat rak sendiri dengan design yang simple - via etsy
Untuk menciptakan ruang tamu bergaya shabby chic yang perlu di ingat adalah unsur feminine lebih di tonjolkan, dengan warna-warna yang lembut, juga design yang tidak kaku, vintage atau country chic.
Selamat mencoba. (Baca juga : Dapur shabby chic)



SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar