Home » , » Craft Mudah dan Murah Menyambut Ramadhan

Craft Mudah dan Murah Menyambut Ramadhan

Ramadhan telah tiba! Untuk menyemarakan bulan Ramadhan, bulan suci bagi umat Islam,yuk menghias rumah kita dengan craft unik, menggunakan bahan yang mudah dan murah. Craft ini bisa kamu buat di rumah dengan di bantu anak-anak atau biarkan anak-anak yang berkreasi. Setelah jadi pajanglah craft buatan sendiri ini di rumah untuk menghangatkan suasana ramadhan yang ceria dan menyenangkan.

1. Hiasan Bulan dan Bintang Ramadhan dari Piring Kertas
Bahan yang dibutuhkan cukup murah dan gampang untuk mendapatkannya. Apa saja? Sebuah piring kertas, gunting, cat warna kuning dan biru, pita ukuran kecil, kuas untuk mengecat atau gunakan spon, pelubang kertas.
Berikut tutorial mudahnya :
Ramadhan moon & Star - via acraftyarab
Step pembuatan craft bulan dan bintang dari piring kertas - via acraftyarab
Piring dari kertas pada posisi terbalik, kemudian kita gambar menggunakan pensil pada bagian sisi belakang piring. Gunting bentuk lengkungan bulan, dan rapikan bentuk bintangnya. Kemudian cat bagian bulan dengan cat warna biru.
Step pembuatan bulan dan bintang dari piring kertas - via acraftyarab
Kemudian catlah bagian bintang yang sudah dirapikan menggunakan cat warna kuning, dan berikan lobang untuk menggantung bagian bintang dengan pita, jangan lupa berikan simpul dibagian bawah untuk mengunci agar bintang tidak lepas.
Step pembuatan bulan dan bintang dari piring kertas - via acraftyarab
Bagian bulan yang sudah di cat biru dan sudah kering, tempelkan huruf tempel (kamu bisa membelinya di toko buku atau beberapa toko kado ultah dan mainan), kemudian berikan lubang pada ujung bulan bagian atas.
Bulan dan bintang dari piring kertas siap digantung - via acraftyarab
Bagian terakhir adalah gabungkan bintang dengan bulan menggunakan pita, dan hiasan bulan bintang siap menyemarakan ramadhan di rumah kamu.

2. Sun Catchers Atau Penangkap Cahaya
Pernah melihat gantungan warna warni yang sering ditempatkan atau di gantung di dekat jendela atau pintu? Hiasan ini untuk menangkap cahaya sehingga membias memberikan efek yang indah warna-warni di ruangan rumah. Seperti halnya wind chime, hiasan ini untuk  mempercantik rumah dan membuat lebih indah dan semarak. Bedanya adalah kalau wind chime untuk mendapatkan suara, kalau sun catchers atau penangkap cahaya dimaksudkan untuk meneruskan cahaya dengan hasil yang berwarna-warni, kamu bisa menggabungkannya dengan wind chime dengan menggantungnya bersamaan.
Berikut cara membuat sun catchers untuk edisi ramadhan dan lebaran :)
Bagian sun catchers sebelum diberikan lobang - via sweetfajr

Untuk memudahkan setelah di print menggunakan kertas HVS, tempelkan pada kertas asturo atau kertas yang lebih tebal berwarna hitam. Gunting bagian sesuai pola, dan berikan lobang pada bagian yang berwarna putih menggunakan pisau cutter. Buatlah sepasang-sepasang dengan pola yang sama.
Bagian sun catchers sudah hampir jadi - via sweetfajr
Setelah masing-masing pola diberikan lubang, tempelkan tissue paper (kamu bisa membelinya di toko buku atau toko craft). Gabungkan bagian pola yang sama sehingga tiap-tiap sisi tertutup rapi. Jangan lupa berikan lobang bagian atas untuk menggantungnya.
Sun catchers sudah bisa untuk menghias rumah kamu - via sweetfajr
Kamu bisa menggunakan kertas warna-warna lain, dan bisa memperbanyak pola. Untuk memudahkan kamu berikut link pattern atau pola sun catchers dari sweetfajr

3. Calendar Ramadhan
Untung memberikan semangat menjalankan puasa anak-anak, biasanya orang tua memberikan hadiah atau rewards buat anak-anaknya biar tetap semangat menjalankan puasa. Salah satunya adalah dengan memberikan uang untuk  lebaran, bagaimana agar menarik dan uang tersebut terkumpul di akhir bulan ramadhan?
Buatkan sebuah kalender dengan kantong yang dapat digunakan untuk menyimpan uang tiap harinya. Bentuk kalendernya bermacam-macam dengan ukuran yang beragam juga.
Kalender tabungan ramadhan - via etsy
Gunakan kertas warna hijau, atau warna lain sesuai keinginan bentuklah menjadi pola bulan sabit dan bintang. Sesuaikan ukuran dengan dinding yang akan di gunakan untuk memasang kalender ini.
Kalender tabungan ramadhan - via etsy
Gunakan potongan kertas berbentuk kotak untuk membuat kantong/dompet tabungannya. Ukuran kantong usahakan yang dapat masuk amplop kecil lagi sebagai wadah uang dan penanda kantong hari itu sudah terisi.
Kalender tabungan ramadhan - via etsy
Gunakan lem yang kuat dan pastikan tersisa ruang untuk menaruh amplop atau gulungan kertas yang berisi tabungan harian. Angka-angka kalender bisa menggunakan huruf Arab sekaligus mengajarkan angka-angka Arab, atau dapat juga menggunakan huruf latin biasa. Anak-anak bisa mengisi dari tanggal 31 atau dari awal puasa. Kalender ini juga bisa sebagai sarana untuk mengajak anak-anak untuk bersodaqoh, dengan menabung setiap hari dan nanti akhir bulan bisa digunakan untuk menyantuni fakir miskin atau untuk berbagi dengan anak-anak lain yang kurang mampu.

Bentuk kalender ramadhan yang lainnya dapat mengunakan kertas tisu atau kertas yang biasa digunakan untuk menutup atau alas makanan.
Kalender ramadhan dari kertas tisu - via muslimlearninggarden
Step pembuatan kalender ramadhan - via muslimlearninggarden
Kaitkan gulungan corong tadi di kain dengan motif yang unik biar terlihat menarik dengan peniti atau staples, dan untuk angka-angkanya dengan menggunakan potongan kertas dan rekatkan menggunakan isolatip atau lem. Kalender berbentuk corong yang unik siap di pajang di area dekat meja makan.

4. Lentera Dari Paper Bag 
Sering juga di sebut Carnation Luminaries, material yang di perlukan adalah paper bag ukuran sedang atau sesuai selera berwarna coklat, paper bag vellum (bisa di beli di toko craft, toko buku atau beberapa toko kado, bentuknya transparan). Material lain yang di perlukan adalah, gunting, isolatip, cutter pelobang dan lampu LED tealight (kamu bisa membelinya di onlen shop atau di toko-toko lampu dan perlengkapan listrik)
Carnation Luminaries - via marthastewart

Cara membuatnya adalah, print pola berbentuk bintangnya, kemudian tempelkan pada paper bag, gunakan cutter untuk melobangi area pola. Setelah rapi, masukkan paper bag vellum ke dalam paper bag yang berwarna coklat, dan letakkan lampu LED tea light ke dalamnya. Lentera dari paper bag siap menghias area rumah kamu.

5. Lingkaran Ramadan 
Lingkaran ramadhan atau Ramadhan Wreath adalah hiasan berbentuk melingkar dengan material dari bunga-bunga, atau akar-akaran, atau pita dan bisa juga menggunakan accessories lainnya. Lingkaran ini bisa kamu tempatkan di depan pintu atau di dinding rumah. Atau untuk melengkapi area vignettes di rumah kamu. Kamu bisa menyesuaikan bentuknya misalnya dengan menambahkan bentuk ketupat atau bentuk bulan bintang kreasi kamu.
Ramadhan Wreath menggunakan akar dan bunga - via pinterest
Ramadhan Wreath dengan bentuk bulan sabit - via pinterest
Ramadhan Wreath - via pinterest
Tidak harus berbentuk lingkaran, keranjang dengan bunga kemudian tambahkan tulisan Happy Ramadhan akan terlihat keren untuk menghangatkan suasana ramadhan di rumah kamu - via onsuttonplace
Dengan menghias rumah menyambut bulan ramadhan akan mengajarkan anggota keluarga terutama anak-anak untuk menghormati bulan yang penuh berkah, membawa suasana rumah yang lebih semarak dan menyenangkan di bulan yang sangat special. Yuk, sambut ramadhan dengan penuh semangat !!

SHARE

About Vintage Lawas

1 komentar :