Home » » Lantai Mezzanine Solusi Menambah Ruang di Rumah Kamu

Lantai Mezzanine Solusi Menambah Ruang di Rumah Kamu

Saat kamu merasa perlu ruang tambahan di rumah kamu, entah karena menambah anggota keluarga baru atau perlu ruangan tambahan lain untuk ruang keluarga atau perpustakaan pribadi, membangun lantai mezzanine merupakan solusi yang tepat.
Di perlukan area plafon yang tinggi untuk membuat lantai mezzanine yang nyaman - via pinterest

Diperuntukan sebagai ruangan apapun kamu perlu mengetahui beberapa prinsip dasar sebelum membangun lantai mezzanine.
Pertama adalah tinggi plafon atau langit-langit di rumah kamu, standar membangun lantai mezzanine adalah memiliki plafon atau langit-langit dengan tinggi 4,4 meter. Plafon yang tinggi akan membantu sirkulasi udara juga untuk estetika bangunan. Jika tinggi plafon di rumah kamu kurang tinggi kamu bisa ubah struktur plafon mengikuti konstruksi atap rumah.
Area  mezzanine maksimal sepertiga dari luas ruangan - via instagram

Kedua, area lantai mezzanine atau luas mezzanine maksimal adalah sepertiga dari luas ruangan, karena mezzanine adalah ruang tambahan bukan ruang utama.
Ketiga, material yang akan di gunakan, ada empat pilihan jenis material lantai mezzanine yang umumnya di pakai yaitu dari kayu, besi, kaca dan beton cor. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Space di area mezzanine di manfaatkan sebagai perpustakaan pribadi -via yossawat

Bahan dari kayu akan menghemat anggaran dan pemasangan lebih cepat, juga ruangan akan terlihat lebih hangat karena material kayu. Kekurangannya adalah tidak seawet bangunan beton cor, tingkat kekuatan juga kurang.
Mezzanine menggunakan material beton terlihat lebih kokoh dan leboh mudah dalam perawatan - via remodelista

Bahan dari beton cor untuk lantai mezzanine memerlukan perencanaan yang lebih matang karena ini adalah bangunan permanen, tentunya pengerjaan juga lebih lama, keuntungan membangun mezzanine dari bahan beton cor adalah tingkat kekuatan bangunan, kamu bisa mengantur ruang mezanine seperti bangunan di area rumah kamu lainnya.
Material dari besi terlihat kokoh untuk lantai mezzanine, cocok juga untuk tema industrial - via homedit
Bahan dari besi untuk mezzanine pengerjaannya lebih cepat, struktur bangunan yang kuat, akan tetapi biaya relatif lebih mahal dibanding menggunakan kayu, pengaturan interior perlu di sesuaikan untuk menghangatkan ruangan dan melembutkan bentuk besi dengan menempatkan karpet lembut misalnya.
Lantai mezzanine menggunakanmaterial kaca akan terlihat stylish modern - via decoist

Pilihan lainnya adalah menggunakan material kaca, material kaca di pilih dari jenis anti shatter glasses atau kaca yang anti pecah sehingga aman, sayangnya bahan jenis ini memerlukan biaya yang lebih besar serta perencanaan yang lebih cermat. Akan tetapi buat kamu yang menyukai style yang modern dan futuristik, bahan ini merupakan pilihan yang tepat untuk membuat lantai mezzanine.
So, sudah siap menambah space baru di rumah kamu ?

SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar