Home » » Bel Pintu Antik dan Unik Buat Rumah Kamu

Bel Pintu Antik dan Unik Buat Rumah Kamu

Sejarah kapan mulainya penggunaan bel pintu menurut beberapa sumber di mulai pada awal abad 19, tentunya bel pintu manual sebagai pengganti dari ketuk pintu yang kadang pemilik rumah tidak mendengar ketika tamu datang. Pada masanya bel atau lonceng juga digunakan sebagai penyampai informasi atau pemberitahuan ke masyarakat atau penduduk desa, juga untuk keperluan keamanan.
Bentuknya bermacam-macam berbahan besi, perunggu, atau kuningan. Ada yang menggunakan pemukul yang di selipkan dengan body lonceng, ada pula yang menggunakan tali dengan mengayunkan bagian dalam lonceng untuk menimbulkan suara.

Lonceng juga di gunakan sebagai penanda waktu, dan keperluan ibadah seperti pada agama Hindu dan Budha, di gereja-gereja juga menggunakan lonceng untuk penanda waktu ibadah. Pada masa kolonial lonceng juga digunakan untuk menginformasikan kepada masyarakat akan pengumuman penting atau penanda akan dilakukannya eksekusi gantung.

Kembali mengenai bel pintu, saat ini bel pintu sudah menggunakan sistem electric dan wireless, meskipun demikian keberadaan bel pintu manual dengan bentuk yang antik, unik dan terlihat vintage memiliki karakter tersendiri dan tetap bisa digunakan di rumah-rumah modern sekalipun. Bahkan dengan bentuknya yang unik ini akan memberikan kesan yang artistik di rumah kamu.
Berikut ini beberapa contoh bentuk bel pintu dengan design yang unik dan antik.

Bel pintu unik dari besi model Italia - via hapmoore


Antique Country Pennsylvanian Home Door Bell - via houzz


Iron antique wall mount door bell doorbell chicken sculpture - via rakuten

vintage "Spanish" revolving door bell. Hand crafted from wrought iron - via dragonquarry


Vintage Wrought Iron Revolving Multi-Chimes - Spanish Revival Brass Door Bells - via dragonquarry
Antique Imitation Cast Iron Elk Head dijual dengan harga USD 59 di aliexpress
Beberapa bentuk bel pintu ada yang menggunakan lonceng dengan cara menggoyangkan pemukul loncengnya, ada juga yang dengan menekan pemukulnya. Bentuk lainnya dari bell pintu adalah pengganti ketukan pintu berupa ornamen unik dari bahan besi atau logam lain seperti kuningan atau tembaga.

Door knocker dengan ornament kepala Lion via pepperfry

Cast Cardinal Bell yang di jual Wayfair sekitar USD 74


Bell dengan ornament rusa yang unik di bandrol £62.99 oleh blackcountrymetalworks

Door Knocker berbahan besi dengan ornament Rooster - via Flickr
Door Knocker dan handle pintu dengan ornament yang unik - via pinterest


Door Knocker dengan ornament tanaman bunga - via artsandcraftshomes
Door Knocker dengan ornament burung terlihat unik - via flickr
Door Knocker dengan ornament Labrador - via glanzsculptures
Door Knocker dengan ornament Rusa koleksi Vintage Lawas - for sale IDR 300ribu saja last stock ada 2 pcs IDR 550ribu for 2 please contact email lawasvintage@gmail.com atau visit our store @ tokopedia


Bell koleksi di salah satu toko dekorasi di Mall Ciputra World foto di ambil 18 Dec 2016

Bel pintu ataupun door knocker dengan design yang unik tetap memiliki seni yang tidak di miliki oleh bel pintu modern dengan system electric dan wireless. Art yang terdapat di bel tradisional akan membawa suasana yang lebih hangat untuk tamu yang datang berkunjung ke rumah kamu. VL



SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar