Home » » Segarkan Suasana di Dalam Rumah Kamu Dengan Membuat Taman Indoor

Segarkan Suasana di Dalam Rumah Kamu Dengan Membuat Taman Indoor

Keinginan untuk selalu medapatkan udara segar dengan bonus pemandangan yang adem dari tanaman bisa kamu ciptakan dengan membuat taman indoor. Taman dalam ruangan tidak memerlukan area yang luas, bahkan kamu dapat memanfaatkan rak, meja atau pot gantung untuk menyusun taman yang indah. Selain taman dengan tumbuhan berbunga atau tanpa bunga, kamu dapat membuat tanaman hijau indoor berupa sayuran, buah atau tanaman bumbu dapur.
tanaman indoor menggunakan media pot -via westphoria.sunset

Apa saja sih yang perlu di siapkan dan  perlu di rencanakan?

1. Area Tanam
Taman indoor, yang dimaksudkan adalah tidak hanya tanaman bunga-bungaan tetapi semua tanaman yang bisa kita jadikan penghijauan di dalam rumah dan memiliki manfaat lebih. Sebagai contoh akan menanam sereh atau tomat atau seledri, kamu bisa menggunakan pot yang di tempatkan di dekat jendela, atau menyusunnya diatas meja atau di area dapur. Jika kamu akan menggunakan rak, pastikan setiap tanaman akan mendapat pencahayaan yang cukup.
area taman bisa di space kosong di dalam rumah, dengan menggunakan pot gantung atau rak di dinding - via tumblr

2. Pencahayaan
Taman atau tanaman indoor bagaimanapun tetap memerlukan cahaya untuk berfotosintesis, kendala taman indoor adalah cahaya matahari relatif sedikit diperoleh, kecuali memang area indoor taman kamu memiliki atap buka tutup. Solusi lainnya adalah dengan menggunakan cahaya lampu yang diperuntukan untuk pertumbuhan tanaman seperti bohlam HID (High Intensity Discharge).

tanaman di are dekan jendela akan lebih memiliki kesempatan untuk memperoleh cahaya untuk berfotosintesis - via vintagehome
3. Temperatur dan Tingkat Kelembaban Ruangan
Temperatur ruangan akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman, temperatur yang terlalu panas akan membuat tanaman kering, daun menguning dan mati. Kelembaban juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesuburan tanaman. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyemprotnya dengan air setiap hari atau sebanyak yang diperlukan, perhatikan tanah dan air yang mengendap bisa membuat pembusukan akar. Menempatkan wadah yang berisi air di sekitar tanaman juga akan membantu kelembaban tanaman, juga dengan mendekatkan semua tanaman untuk menciptakan microenvironment dan meningkatkan kelembaban, dan solusi lainnya adalah dengan menempatkan humidifier, dan solusi terakhir adalah dengan membeli environmental controller, dengan alat ini kamu bisa mengatur suhu ruangan yang dibutuhkan sesuai jenis tanaman di ruangan rumah. (baca juga : 17 Ide Taman Tropis)
menjaga suhu dan kelembaban ruangan agar tanaman dapat tumbuh maksimal - via bloglovin

4. Media Tanam
Menggunakan media tanam yang terbaik akan membatu pertumbuhan tanaman dalam ruangan, media tanam yang baik adalah yang mampu menyerap air dengan baik dan mengalir dengan mudah atau gampang ditiriskan, sehingga akar tidak membusuk. Kamu juga bisa mencoba media tanam alternatif yaitu hydroponics  atau media tanam menggunakan air.
media tanam lainnya adalah menggunakan air atau hydroponic seperti produk kit yang dikeluarkan oleh IKEA - via dezeen


5. Memilih Jenis Tanaman
Hampir semua jenis tanaman, selama itu bukan tanaman berkayu keras atau pohon yang memang tumbuh besar diluar ruangan mampu tumbuh dan berkembang dengan baik di dalam ruangan.
Beberapa tanaman yang cocok di dalam ruangan antara lain ;
  • Tanaman sayuran : selada, wortel, paprika, tomat terutama tomat cherry, bawang dan tanaman kacang-kacangan.
  • Tanaman bumbu dapur :  peterseli, kemangi, daun bawang, seledri, daun ketumbar, rosemary dll.
  • Tanaman bunga-bungaan : mawar, geranium, petunia, begonia, aster, marigold, dan tanaman-tanaman daun lainnya.
  • Tanaman buah-buahan : blueberry, strawberry, apel dengan varietas tertentu juga jeruk.
memanfaatkan kaleng bekas teh untuk menanam bumbu dapur - via topinspired

6. Perawatan
Sebelum tanaman full di tempatkan didalam ruangan, langkah awal adalah dengan memindahkannya ke area luar ruangan dan sesekali di letakkan di matahari pagi, kemudian letakan di area yang teduh, masukkan tanaman ke dalam ruangan semalam, dan keluarkan kembali esok harinya. Lakukan hal tersebut kurang lebih selama seminggu, akan tetapi ada beberapa tanaman yang bisa langsung menyesuaikan dengan suhu ruangan. Tanaman indoor memerlukan perawatan terutama pupuk untuk nutrisi, gunakan pupuk organic terutama untuk tanaman buah dan sayuran karena untuk dikonsumsi. Perawatan lainnya adalah pengairan yang cukup, menjaga kelembaban tanaman dan suhu ruangan juga pastikan memperoleh cukup cahaya.
perawatan tanaman indoor yang maksimal akan menghasilkan taman yang sehat dan selalu segar - via sfgirlbybay
Sangat menarik bukan? Selain memberikan manfaat untuk kesehatan dengan adanya udara yang selalu bersih, dengan taman indoor rumah akan terlihat lebih hidup dan menjadi dekorasi rumah yang unik nan menyegarkan. (baca juga : 15 Tanaman Rekomendasi NASA)



SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar