Home » , » "Toile" Gaya Dekorasi Cantik Warisan dari Eropa

"Toile" Gaya Dekorasi Cantik Warisan dari Eropa

Toile dari asal kata "Toile de Jouy" adalah sebuah dekorasi dengan warna dasar putih dan atau off white dengan corak pastoral yang kompleks dan berulang, biasanya corak berbentuk rangkaian bunga, sebuah cerita yang sering di lakukan di masyarakat, seperti piknik di dekat danau, orang dalam perjalanan dan banyak tema lainnya. Pola ini hanya menggunakan satu warna, dan warna yang sering digunakan adalah warna hitam, merah tua, dan biru.

motif toile pada bedding sets - via canadianloghomes
Istilah "Toile de Jouy" berasal dari negara Perancis berawal dari sebuah pabrik yang memproduksi kain jenis ini di daerah Jouy-en-Josas yaitu sebuah pedesaan di barat daya kota Paris dekat Versailles sekitar tahun 1760. "Toile" secara bahasa Perancis adalah pakaian sehingga "Toile de Jouy" bisa diartikan sebagai pakaian dari pedesaan Jouy. "Toile" sebenaranya sudah diproduksi lebih awal di negara Irlandia pada pertengahan abad ke-18 dan kemudian berkembang cepat di Inggris dan Perancis.
toile khas dengan pola satu warna - via wallpaperdirect
sebagai motif pada accessories bantal sofa untuk mengangkat suasana ruang tamu - via shoppersbase

Pada awal penggunaan motif ini adalah sebagai corak untuk kain penutup seperti tirai dan gordyn, kemudian berkembang digunakan untuk pakaian, keperluan bedding sets, wallpaper dinding, teko, dan lain sebagainya.
corak toile juga berkembang menjadi motif pada teko dan perlengkapan meja makan lainnya - via indulgy
dekorasi pesta dengan tema toile, perpaduan warna biru putih dengan lentera di tengah meja - via newenglandfineliving

tableware dengan motif toile merah berpadu dengan waran putih pada taplak dan silver pada perlengkapan makan lainnya - via warrengrovegarden
Di Amerika motif ini juga berkembang pesat dan pada masa lalu menjadi pakaian kelas atas dengan adanya pesta dan perjamuan dengan tema toile. Kemudian, seiring perkembangan dan perjalanan waktu muncul toile dengan pattern atau corak khas negeri Cina menjadi populer. Aplikasi corak inipun berkembang menjadi design untuk dekorasi rumah dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

karakter negeri Cina pada corak toile - via thestylesaloniste
mengaplikasikan motif toile untuk wallpaper dan drapes -via furnishburnish
gordyn motif toile dengan warna merah - via eclecticrevisited
penggunaan motif toile juga diaplikasikan untuk pakaian - via misspatina

toile dengan warna corak hitam di bedskirt dan wallpaper - via theinspiredroom
slipper chair dengan motif toile terlihat nyaman bersantai diatasnya - via enchanted-barnowlkloof
perpaduan warna biru dengan hijau tanaman menjadikan ruang lebih hidup - via pictureofelegance

Tips penggunaan motif toile ini untuk design ruangan kamu adalah dengan memberikan wallpaper pada dinding, kemudian berikan motif yang sama di kursi sofa dan bantal sofa atau table runner. Untuk kamar tidur dengan pemakaian wallpaper dinding, kemudian gunakan corak toile pada bedding sets berupa duvet cover, bantal dan bedskirt. Intinya adalah ada kesatuan antara ruangan dengan perabot rumah atau kamar.
SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar