Home » » Ciptakan Nuansa Negeri Maroko yang Unik di Rumah Kamu

Ciptakan Nuansa Negeri Maroko yang Unik di Rumah Kamu

Gaya Maroko pada suatu bangunan baik interior maupun eksterior atau sering populer dengan Morrocan style berasal dari seni arsitektur dan budaya negara Maroko yang indah dengan warna-warna cerah dan perabot rumah tangga yang memikat. Buat kamu yang menginginkan gaya seperti ini di rumah kamu, tips berikut ini bisa kamu jadikan panduan untuk menciptakan nuansa Morrocan style di rumah kamu.
Arsitektural Maroko dengan pilar dan pintu-pintu lengkung - via taherstudio

1. Gaya Bangunan 
Bagunan khas negeri Maroko dipengaruhi oleh budaya negeri muslim, seperti halnya bentuk pintu yang melengkung dengan ornamen yang khas. Untuk kamu yang memiliki bentuk pintu yang standar bisa menambahkan ornamen atau dengan menempatkan wallpaper yang membentuk lengkungan khas arsitektur Maroko. Cara lainnya bisa dengan menambahkan gypsum dengan detail khas Maroko di area pintu, jendela, lorong rumah, atau pilar penyangga bangunan.
pintu-pintu lengkung dengan mozaik geometris - via honestlywtf
Morrocan courtyard - evocativesynthesis
 2. Pemilihan Warna
Penggunaan cat atau warna interior maupun eksterior mengadopsi warna-warna gurun pasir juga warna laut seperti krem, merah, biru, orange dan hijau. Apabila masih ragu untuk mengecat dinding, kamu dapat mengaplikasikan warna-warna tadi pada bantal sofa, karpet, atau perabot dan accessories ruangan.
sofa dan bantal kursi dengan corak khas Maroko - via bloglovin

tile motif geometris warna navy terlihat cantik pada area bathroom - via desiretoinspire

kamar tidur dengan warna silver dan putih berpadu dengan dipan kayu - via freshhomedecor
3. Pemilihan Furniture
Pemilihan furniture berupa sofa dengan warna cerah atau kursi dan coffee table dengan ukiran halus khas Maroko. Kamu juga bisa menempatkan bantal lantai dengan warna dan motif khas Maroko.
menempatkan bantal lantai dan karpet sebagai area berkumpul dengan keluarga atau kerabat - via pinterest

living room dengan tampilan yang lebih modern - via bloglovin

4. Penggunaan Karpet dan Kain
Maroko memiliki karpet-karpet yang khas dengan warna-warna yang menawan, juga dengan warna-warna netral. Karpet-karpet tersebut difungsikan sebagai alas tidur, selimut, ataupun penutup sofa. Corak dari karpet-karpet Maroko biasanya berbentuk abstrak atau geometris.
gordyn dengan motif khas Maroko - via mgbeauty
Sedangkan kain dengan warna-warna terang atau bercorak khas Maroko dapat kamu gunakan sebagai pembatas antar ruang, kamu bisa menggabungkan beberapa kain tipis dengan pola yang indah sebagai pembatas ruang, gordyn, atau selimut sofa. Untuk menambahkan khas Maroko kamu bisa mengaplikasikan kain-kain ini pada bantal sofa atau bantal lantai, atau sekedar menggantungnya di ruangan, biarkan menjuntai kebawah menghias ruangan kamu.
Morrocan Rugs dengan corak dan warna-warnanya yang indah - via outrageousrugs
karpet dengan warna netral dan corak geometris - via aphrochic

5. Pemakaian Ubin 
Ubin khas Maroko memiliki corak geometris dengan warna-warna biru, orange, merah, hijau ataupun warna netral. Tempatkan ubin dengan corak tersebut untuk lantau atau pada sekeliling pintu, jendela, dinding, atau air mancur/kolam atau perapian jika dirumahmu memilikinya. (baca juga : tegel kunci Yogyakarta)
pemakaian ubin untuk dinding dan area outdoor - via philo-sofia

wastafel dengan pattern yang unik khas Maroko yang di jual oleh kohlr - via faucet
bathroom dengan ubin bermotif dan dinding dari ubin yang di glazed - remodelista

6. Pemilihan Lampu
Lampu khas negeri Maroko merupakan elemen penting untuk menciptakan suasana rumah bergaya Maroko, karena design lampu ini akan memperkuat suasana dan gaya Maroko di rumah kamu. Tempatkan lampu atau lantern pada area ruang tamu atau ruang keluarga dengan menggantungnya. Morrocan lantern juga bisa kamu tempatkan pada area tangga rumah, atau halaman dengan menyesuaikan tipe lampunya.
lampu khas Maroko menjadi center point di ruangan - via carlssons
Morrocan Lantern bisa di tempatkan juga pada area luar ruangan - via architectureartdesigns

perpaduan yang cantik warna netral krem dan putih dengan furniture warna hitam dan lampu gantung - via homemodish

7. Pernak-pernik / Accessories
Hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah menempatkan beberapa accessories khas Maroko. Umumnya accessories ini berbahan dari besi atau perak, pilihan yang bisa kamu gunakan adalah dengan menempatkan vas bunga, nampan, poci/ceret dengan cawan bergaya negeri Arab. Menempatkan cermin dengan frame dari metal dengan ukiran Maroko berwarna silver juga akan memperkuat aksen di ruangan kamu.
Tea set dengan design Maroko seperti ini bisa kamu tempatkan dekorasi di ruang tamu atau ruang keluarga - via klikk

kombinasi lampu dengan pernak-pernik penghias ruangan - via interiordecorations

8. Dekorasi Halaman
Secara tradisional rumah Maroko tidak memiliki halaman depan atau halaman belakang karena mengutamakan privacy, mereka menempatkan halaman pada tengah bangunan dengan fasilitas kolam atau air mancur dan taman.
halaman di tengah bangunan dengan fasilitas kolam dan taman - via pinterest

Bagaimana untuk kondisi rumah kita yang halaman biasanya terletak di depan atau belakang rumah? Intinya adalah menghadirkan suasana nyaman dengan gaya Maroko, dekorasi taman kamu dengan menempatkan beberapa kursi yang rendah, atau tempatkan area duduk dilantai dan tempatkan bantal warna-warna cerah dengan motif khas Maroko. Gantungkan beberapa lampu/lentera  dan tempatkan beberapa pot atau tembikar warna-warni khas Maroko. (baca juga : tips memilih lampu outdoor)
lentera, kursi dan tembikar dengan bunga berpadu dengan karpet merah khas Maroko - via mycraftwork
Area outdoor yang lebih modern bergaya Maroko dengan lampu gantung - via mycraftwork
Sudah siap mendekorasi rumah kamu dengan Morrocan style? Mulailah dari dekorasi yang mudah dan murah, mungkin kamu bisa memulainya dengan mengecat area pintu dengan corak khas Maroko, atau membeli lampu dan beberapa pernak-pernik khas Maroko. Selamat mencoba ya.


SHARE

About Vintage Lawas

1 komentar :

  1. Bagus sekali. Inspire. Dimana saya kalau mau beli barang 2 seperti lampu dan furniture khas maroko? Terimakasih. Ferdinandus Tampubolon 08129261088

    BalasHapus