Home » » 7 Kesalahan Menata Ruangan dan Bagaimana Solusinya

7 Kesalahan Menata Ruangan dan Bagaimana Solusinya

Menata dan mendesain ruangan diperlukan keahlian dan pengetahuan yang memadai, bukan sulit akan tetapi perlu mengetahui konsep-konsep dasar penataan suatu ruangan. Beberapa kesalahan umum yang dilakukan dalam menata suatu ruangan sering terjadi karena kurangnya pengalaman atau minimnya ilmu yang dimiliki. Kesalahan-kesalahan apa yang sering kita jumpai atau bahkan kita sering melakukannya? Dan bagaimana solusinya?

1. Minimalis Bukan Berarti Tak Berwarna.
Boleh saja tema rumah kamu minimalis, akan tetapi jangan gunakan satu warna diseluruh ruangan, hal seperti itu akan membuat bosan, terlihat datar dan seolah tidak ada gairah didalam ruangan. Solusinya kamu bisa menambahkan beberapa bantal sofa dengan warna-warna eye catching untuk mengangkat suasana hidup dan berwarna di ruangan kamu. Kamu dapat juga menambahkan selimut sofa berwarna, cukup dengan menaruhnya di sandaran sofa.
gunakan bantal sofa atau karpet berwarna untuk mengangkat suasana ruangan kamu - via westelm
cukup menempatkan selimut sofa berwarna akan memberikan kesan hidup ruangan - via housetohome
 2. Menggeser Semua Furniture ke Dinding
Kesalahan lainnya yang sering dilakukan adalah menggeser dan mendorong semua sofa set ke tembok. Kadang kita mempertimbangkan untuk memperoleh area yang luas maka semua kursi dan meja dipepetkan ke tembok. Dengan memperlakukan ruangan seperti itu akan muncul kesan area yang kosong di tengah ruangan dan terlihat tidak hangat. Solusinya adalah dengan menggeser sofa set dari dinding untuk menciptakan suasana yang lebih intim dan nyaman ketika sedang mengobrol dengan teman atau anggota keluarga.
berikan space di belakang sofa - via nohomewithoutyou
dengan merapatkan sofa ke tengah ruangan akan menghangatkan suasana - via westelm
3. Terlalu Memadu Padankan Furniture Set
Mungkin bagi sebagian orang semua furniture set dibuat seragam dengan alasan padu-padan biar serasi. Akan tetapi furniture yang ditempatkan dalam satu ruangan dengan bahan, warna, style dan corak yang sama akan membuat ruangan terlihat membosankan. Mungkin kamu pernah melihat, kursi kayu 4 set dengan meja, lemari, nakas, pigura kaca, atau tempat tidur dengan ukiran, warna, dan style yang sama ditempatkan dalam satu ruangan? Sangat membosankan. Solusinya jika kamu sudah terlanjur membeli furniture set dengan style dan bahan yang sama, cobalah untuk mencampur dengan furniture lain selama itu dengan proporsi yang benar dan menggunakan estetika yang mempersatukan keseluruhan furniture, suasana ruangan akan lebih fresh dan tidak membosankan.
sofa besar abu-abu tetap cantik di mix dengan kursi kulit warna coklat - via bhg
mix furniture terlihat tetap serasi - via indeeddecor
4. Menempatkan Lampu Tepat Diatas Kepala
Pencahayaan sangat mempengaruhi suasana ruangan, kesalahan dalam penempatan lampu akan memberikan efek yang tidak nyaman terhadap ruangan. Penempatan lampu yang tepat diatas kepala dengan cahaya yang terlalu terang akan menghilangkan suasana hangat dan lembut, kamu akan merasa seperti di kamar ganti baju di suatu toko pakaian. Ubahlah pencahayaan diruangan kamu dengan menempatkan lampu meja dengan cahaya yang lembut, lampu langit-langit dengan tingkat pencahayaan yang hangat, dan aturlah tinggi rendah dari sumber pencahayaan dengan tingkat kecerahan yang berbeda untuk menciptakan suasana yang lembut hangat dan dramatis di ruangan kamu.
pengaturan tata letak pencahayaan untuk menciptakan suasana ruangan yang nyaman - via homedsgn
penempatan beberapa lampu lantai dan lampu meja untuk ruangan yang luas - via astucesdefilles
5. Menggantung Lukisan Dinding Terlalu Tinggi
Menggantung lukisan terlalu tinggi akan memberikan kesan kosong pada area dinding dibawahnya, dan secara estetika tidak memberikan keindahan suatu ruangan. Solusinya jika kamu terlanjur menggantung lukisan terlalu tinggi adalah dengan menempatkan meja di bawa lukisan yang bisa kamu jadikan sebagai vignettes area. (baca: point 7 - Cara Membuat Rumah Terlihat Mewah). Dengan menempatkan meja di bawah lukisan akan memberikan efek lukisan tidak melayang dan terlihat proporsional di suatu ruangan. Solusi lain adalah dengan menempatkan beberapa lukisan lain di bawah dan sekitar lukisan pertama, yang perlu kamu ingat adalah tema lukisan pertama dengan lukisan lain harus seirama.
penempatan lukisan yang cantik pada area dinding - via westelm
vignettes dengan lukisan di area dinding - via minervacompany
6. Memasang Karpet Tidak Sesuai Ukuran Ruang
Fungsi karpet selain untuk menambah nyaman suatu ruangan juga berfungsi untuk melindungi kaki dari lantai yang dingin. Kadang kita melihat karpet di tempatkan hanya diarea bawah meja dengan ukuran yang kecil, selain tidak nyaman dilihat juga fungsi karpet untuk menciptakan suasana yang nyaman dan hangat tidak dapat diakomodir. Tempatkan karpet dengan ukuran yang sesuai, untuk di ruang tamu atau ruang keluarga pastikan karpet menutupi area bawah meja dan area kaki di bawah kursi atau sofa.
penempatan karpet yang benar sehingga berfungsi maksimal - via mariakillam
penempatan karpet yang benar akanmemberikan suasana ruangan yang hangat dan nyaman - via indeeddecor
 7. Membeli Furniture yang Tidak Pernah Kamu Gunakan
Kadang ketika mengunjungi suatu pameran furniture kita akan di suguhkan bermacam furniture dengan model dan warna yang membuat ingin memilikinya. Jangan buru-buru membelinya, pikirkan terlebih dahulu akan diletakkan dimana dan akan difungsikan sebagai apa. Terkadang pula ketika menemukan furniture antik kita langsung membelinya karena berpikir bahwa barang tersebut hanya satu-satunya dan jarang kita menemukannya. Buat kamu yang sudah terlanjur membelinya dan akhirnya tergeletak begitu saja di rumah, coba lakukan restorasi ulang atau memfungsikan furniture tersebut untuk display di ruang tamu atau ruang keluarga. Atau jika kamu memiliki TV yang terpasang di tembok, kamu bisa menempatkan furniture antik tadi bawah TV tambahkan beberapa accessories untuk mempercantik tampilan. Solusi lainnya adalah dengan memanfaatkannya menjadi meja vignettes.
memanfaatkan meja untuk wastafel - via tidbitsandtwine
memanfaatkan meja sebagai vignettes - via nehomemag
Kesalahan-kesalahan ketika mendekorasi ruangan atau rumah dapat kamu hindari untuk mendapatkan suasana rumah yang nyaman dan memiliki keharmonisan ruangan,  sehingga mendapatkan rasa betah dan nyaman buat penghuni ataupun tamu dan kerabat yang datang berkunjung. Beberapa kesalahan dapat kamu minimalkan dengan menambahkan beberapa aksesoris atau mengubah posisi obyek sehingga ruangan kamu terlihat serasi, hangat dan nyaman.




SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar