Home » » 7 Cara Sederhana Menerapkan Feng Shui di Rumah Kamu

7 Cara Sederhana Menerapkan Feng Shui di Rumah Kamu

Feng Shui merupakan seni dari negeri Tiongkok yang telah dipraktekkan selama hampir 3.000 tahun. Bagi sebagian orang feng shui mungkin tidak terlalu menjadi masalah ketika akan mendirikan bangunan atau mengatur tata letak ruangan. Akan tetapi jika kita menelaah feng shui intinya adalah bagaimana membuat rumah atau ruangan kamu terasa nyaman sehingga dari kenyamanan tersebut akan mempengaruhi gairah dalam setiap aspek kehidupan kamu.
Feng shui kadang terlihat seperti sebuah konsep yang kompleks untuk itu diperlukan petunjuk dasar bagaimana menciptakan suasana rumah atau ruangan kamu yang akan memberikan rasa bahagia, aman, menyehatkan, dan ruangan yang selaras dikehidupan keseharian kamu.
Berikut beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk menciptkan feng shui yang tepat di rumah atau kamar kamu.
5 Element dalam Feng Shui - via care2

1. Aliran Energi di Pintu Masuk
Energi atau "chi" yang masuk kedalam rumah utamanya melalui pintu masuk. Yang perlu kamu perhatikan adalah kemanan dan kenyaman ketika masuk rumah, pastikan pintu dapat dengan mudah dibuka, kamu perlu sesekali memberikan pelumas pada engsel dan gagang pintu, pastikan juga dasar dari pintu tidak turun dan menggores lantai sehingga pintu benar-benar mudah untuk dibuka.
pastikan pintu sebagai jalan energi yang masuk bisa terbuka dengan mudah - via pouted

2. Harmonisasi Ruang Utama
Cobalah ketika masuk rumah perhatikan sekeliling ruangan dan rasakan apakah ada barang yang mengganggu pikiran kamu, misalnya sofa yang menghalangi jalan masuk atau lukisan yang tidak nyaman dilihat membuat rasa letih semakin bertambah ketika pulang dari kerja. Kemudian perhatikan jendela ruangan apakah dapat memberikan udara yang segar ke ruangan kamu. Jika kamu menemukan barang atau material yang menggagu pikiran kamu, membuat suasana hati kamu tidak nyaman, coba ubah dengan menggeser atau menggantinya dengan yang lebih baik, yang mampu menciptakan suasana ruang menjadi bergairah dan membuat nyaman pikiran kamu.
perhatikan harmonisasi di ruang utama ketika masuk rumah - via homedit


3. Bersihkan dan Rapikan Seluruh Ruangan
Terlihat sederhana memang, akan tetapi dengan membersihkan dan merapikan barang-barang yang berantakan di setiap area rumah kamu akan memberikan susana yang nyaman, menyehatkan penghuni rumah, dan tentu saja dengan semua barang yang terorganizer dengan rapi akan memudahkan ketika akan menggunakannya, dan hal seperti ini akan memberikan mood yang baik untuk pikiran kamu. Sesekali nyalakan aroma therapy yang kamu sukai atau sesuai kondisi cuaca atau musim untuk menghadirkan suasana rumah yang menyegarkan dan ceria. (baca: Menghadirkan Aroma Natal) & (baca juga : Cleaning Tips)
ruangan yangbersih akan membawa efek positif bagi penghuni rumah - via thouswell

4. Perbaiki atau Ganti Perabot Rumah yang Rusak
Hal ini penting karena sesuatu yang rusak akan tidak berfungsi maksimal, dan membahayakan. Sebagai contoh apabila kursi di rumah kamu rusak itu akan membahayakan penghuni rumah atau tamu yang akan duduk. Contoh lainnya adalah dengan memperbaiki pintu lemari, mengganti batrai jam yang sudah habis, saluran air yang tersumbat, atau barang-barang pribadi kamu misalnya jahit baju yang robek atau pasang kancing baju yang hilang. Semua hal tadi adalah untuk membuat kehidupan keseharian kamu berjalan harmonis, dan selalu semangat menjalani aktifitas harian kamu.
ganti atau perbaiki kursi yang rusak - via goodshomedesign

5. Kamar Tidur yang Sehat
Kamar tidur adalah adalah area untuk mengisi kembali energi kita setelah terkuras seharian. Sebagai tempat untuk memelihara dan mengisi sistem internal tubuh, kamar tidur sangat penting menjadi perhatian utama dengan menciptakannya menjadi area yang aman, sehat, nyaman dan bahagia. Usahakan kamar tidur selalu bersih dengan mengganti perlengkapan tidur dan membersihkan perabot dan seluruh area kamar tidur.
ciptakan ruangan tidur senyaman mungkin untuk mengisi energi kembali - via southernliving
Jauhkan area tempat tidur dari barang-barang berbahaya misalkan jauhkan headboard dari benda-benda yang mudah jatuh atau pecah. Tempatkan AC dengan benar, jangan langsung mengenai badan ketika sedang istirahat. Posisikan tempat tidur tidak langsung mengarah memotong pintu, karena energi yang masuk dari pintu kadang terlalu besar, sepertihalnya angin yang masuk akan membuat kondisi badan tidak sehat. Juga jauhkan peralatan elektronik dari area tempat tidur, jika memang itu sudah ada dan kamu membutuhkannya pastikan dalam kondisi mati atau dicabut dari sumber listrik, selain berbahaya terjadi konsleting energi dari listrik tidak baik ketika kita sedang tidur. Gunakan kain penutup untuk menutupi barang-barang elektronik di kamar kamu. (baca juga: 10 Ide Kamar Tidur)
kebersihan kamar adalah hal penting untuk menciptakan kenyamanan beristirahat - via home-designing

6. Kamar Mandi Selalu Tertutup
Sebagai area yang sering terkena air, kamar mandi harus selalu terjaga kebersihannya. Pastikan saluran air berjalan lancar dan tidak ada genangan air. Kamar mandi yang tidak memiliki ventilasi gunakan exhose untuk pertukaran angin. Dan yang penting usahakan closet selalu tertutup dan tutuplah kembali pintu kamar mandi dan biarkan sesaat exhose untuk membuang udara kotor dari kamar mandi. (baca juga : Tips Kamar Mandi)
menjaga kamar mandi selalu dalam kondisi kering dan bersih - via theultralinx
7. Perhatikan Area Dapur
Dapur sebagai tempat untuk membuat makanan yang akan kita makan wajib selalu bersih, sumber penyakit juga bisa berasal dari area dapur yang kotor. Jangan biarkan sampah di dapur kamu menumpuk atau sampai menimbulkan bau. Bukalah jendela dapur ketika sedang memasak untuk pertukaran udara, juga sebagai keamanan terutama jika menggunakan tabung gas.
letakan tanaman di area kosong diatas rak dapur untuk menyegarkan udara - via redonline

Area penting lainnya adalah bagian atas lemari dapur, design yang baik untuk lemari dapur adalah yang tidak menyisakan space di area atas lemari, karena akan menjadi kotor oleh debu dan kotoran lainnya. Energi yang tertahan diatas lemari atau udara yang diam diatas lemari dapur juga tidak baik untuk kesehatan, solusinya jika di dapur kamu memiliki space yang kosong diatas lemari adalah dengan menempatkan lampu, tanaman segar, atau keranjang atau box yang bisa dimanfaatkan sebagai wadah yang menarik. (baca juga : Dapur Shabby Chic)
selain memperindah ruangan tanaman juga menyegarkan udara di area dapur - via redonline

Feng Shui adalah seni yang bisa diterapkan pada kehidupan keseharian kita, karena tujuan Feng Shui adalah untuk mencapai keindahan, keharmonisan, kebahagiaan dan kesehatan. Feng Shui adalah analisis ilmiah dari sebab dan akibat yang berasal dari energi yang ada di lingkungan kita, belajar dari alam dan menjalin harmoni dengan lingkungan untuk mendapatkan keuntungan yang nyata untuk kehidupan kita. (VL)

SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar