Home » » 15 Bahan Sprei yang Wajib Kamu Ketahui, dari Katun Hingga Linen(Bagian #2)

15 Bahan Sprei yang Wajib Kamu Ketahui, dari Katun Hingga Linen(Bagian #2)

Dibagian kedua ini akan mengulas bahan kain bedding sets yang lebih istimewa, apa aja itu?


8. Katun King Koil
King Koil adalah sebuah merk produsen bedding, karena produk yang dikeluarkan produsen ini memiliki ciri khas dengan kain yang lembut dengan emboss yang disebut jacquard, maka di pasaran kain jenis ini sering di sebut kain King Koil.

9. Katun Jacquard
Sama dengan halnya penyebutan katun King Koil, katun jacquard adalah kain yang memiliki pola yang ditenun menjadi kain. Alat tenunnya menggunakan metode khusus dalam menenun kain berpola. Alat tenun tersebut pada awalnya ditemukan oleh Joseph Marie Jacquard. Oleh karena itu kain ini dinamakan Jacquard. Bahan dengan jenis kain ini terlihat sangat elegant dan mewah dengan kualitas kain yang sangat baik.


sprei set bahan jacquard


10. King Koil Sutra
Di pasaran juga terdapat sebutan King Koil sutra, kain jenis ini adalah katun yang dicampur dengan serat sutra, kain jenis ini memliki karakteristik yang sangat lembut, elegant dan mewah, dan kuat. Seperti halnya bahan dari sutra bahan ini dingin dan menyerap keringat. Jenis bahan ini biasanya satu warna dengan bentuk pintalan jacquard sehingga sangat menawan dengan pattern embossed.


duvet cover bahan sutra jacquard


11. Sutra/Sutera
Bahan sutra umumnya diolah dari kepompong yang dihasilkan dari larva ulat sutra. Bahan ini berstruktur seperti prisma didalam seratnya sehingga bahan dari jenis ini bisa membiaskan cahaya dari berbagai arah. Bahan ini kuat bertekstur sangat halus dan lembut tetapi tidak licin. Bahan ini umumnya digunakan sebagai bahan baju, tetapi beberpa produsen sprei terutama dari luar negeri menggunakan bahan sutra untuk dijadikan perlengkapan tidur atau bedding sets. Karena harganya yang mahal dan perawatan yang berbeda dengan kain jenis lain, kebanyakan di Indonesia jarang menggunakan sprei dari bahan sutra. Akan tetapi kalau kamu menginginkan bahan yang berbeda dan kenyamanan tidur, sprei dengan bahan sutra ini boleh kamu coba.

kepompong ulat sutra - sumber : http://sp13ethnobotany.providence.wikispaces.net



12. Bahan Tencel
Tencel sebenernya adalah nama dari sebuah merk dagang. Di pasaran bahan tecel terbuat dari bahan selulosa yang sebenernya bisa dari kayu atau bambu. Kebanyakan pedagang yang menjual bahan Tencel menyebutnya dari bahan serat bambu. Bahan jenis ini sangat istimewa karena memiliki banyak keunggulan antara lain mampu menyerap keringat lebih baik daripada bahan katun, anti alergi, ada yang menyebutkan juga anti uv, sangat lembut, mudah dalam perawatan, dan sangat cocok untuk anak-anak atau kamu yang alergi terhadap bahan kain jenis lain.

bed sets berbahan Tencel
13. Egyptian Cotton (Katun Mesir)
Jenis katun ini adalah jenis katun terbaik di dunia. Mengapa demikian? Karena jenis katun ini adalah katun yang dipintal dari kapas yang tumbuh di wilayah Mesir yang memiliki kualitas yang sangat tinggi, jenis kapas ini memiliki serat yang lebih panjang daripada serat kapas lain yang ada di dunia. Sehingga ketika dipintal akan menghasilkan jenis kain yang sangat halus, lembut akan tetapi memiliki kekuatan yang sangat tinggi. Thread count dari jenis kain ini biasanya diatas 600 thread count, dipasaran sering juga distemukan diatas 1000 thread count, dibandingkan dengan kain-kain produksi lokal memang berbeda yang mungkin hanya 200 thread count. Dari beberapa sumber yang pernah saya baca, jenis kain ini bisa bertahan puluhan tahun, dengan perawatan yang baik. Untuk mendapatkan jenis kain ini sangat sulit di pasaran Indonesia, selain harganya yang mahal, di pasaran juga masih dimungkinkan ada jenis kain egyptian cotton yang bukan benar-benar dari jenis kain egyptian cotton yang sebenarnya. Hal ini mengingat produksi kain dari jenis ini tidak terlalu banyak produksinya, dan penyebarannya ke seluruh dunia masih jarang. Di situs online bedding saya berencana membelinya untuk membuktikannya.

seorang pekerja sedang memanen kapas di Mesir - sumber gambar : http://www.dailynewsegypt.com
14. Pima Cotton
Pima cotton bisa disebut sebagai American Egyptian Cotton, jenis katun ini di peroleh dari tanaman kapas yang tumbuh di Amerika, Australia, Peru yang di produksi secara terbatas. Jenis kapas ini merupakan ELS (Extra Long Staple) seperti halnya egyptian cotton. Pima cotton sering juga di sebut Supima pemilik trade mark dari pima cotton. Kalau di bandingkan antara egyptian cotton dengan #pima cotton adalah jenis ini sama-sama dari extra long staple cotton, yang perlu di cermati adalah Egyptian Cotton adalah seluruh katun dari kapas yang tumbuh di Mesir, akan tetapi apakah seluruhnya produksi kapas dari Mesir adalah extra long staple? Kapas yang dari Mesir memang memiliki long staple atau serat yang lebih panjang, akan tetapi yang benar-benar ELS (Extra Long Staple) tidaklah banyak. Mesir hanya menghasilakan produksi sekitar 7% ELS dari total produksi taunan ELS/LS seluruh dunia. Kelebihan dari kain jenis pima cotton adalah setara dengan egyptian cotton karena memang berasal dari jenis kapas dengan serat yang panjang. Sangat halus, lembut dan kuat. Saya sempat membelinya di #eBay dengan harga yang menurut saya cukup murah karena pembelian melalui lelang.


duvet cover set bahan pima cotton



sumber gambar : http://www.historicalnovels.info


15. Linen
Bahan jenis ini berasal dari serat tumbuhan flax, sejak ribuan tahun lalu jenis bahan ini sudah digunakan oleh manusia, di Mesir pada jaman dahulu kain dari jenis ini dipakai untuk membungkus mumi, jadi bisa dikatakan bahan linen adalah bahan kain paling tua yang digunakan oleh manusia. Proses pembuatan bahan #linen cukup panjang, karena tumbuhan flax adalah tumbuhan musiman, dan memerlukan tenaga yang banyak untuk prosesnya. Dipasaran terutama online shop, kain linen banyak yang merekomendasi dari Belarus Negara Belgia. Walaupun linen sekarang banyak ditanam di Negara-negara lainnya didunia seperti India dan Tiongkok.


duvet cover bahan linen

 
tumbuhan flax - sumber  http://www.decktowel.com/
Karakteristik kain linen ini sangat unik dan istimewa, karena dari serat tumbuhan alami bahan jenis ini biasanya berwarna natural, menyerap keringat, dan menyesuikan kondisi cuaca. Ketika dingin kain jenis ini tetap hangat, dan ketika musim panas kain jenis ini mampu mereduksi panas sehingga tetap dingin dan sejuk digunakan. 

bagian dari tumbuhan flax - sumber : https://upload.wikimedia.org/wikipedia

Tampilannya sangat natural dan nampak berkilau alami dari serat-seratnya. Linen akan semakin baik dengan seringnya pemakaian dan pencucian. Untuk bed sets dari kain linen ini, saya sudah mencoba membelinya dari toko #IKEA, nama produknya linblomma, kamu boleh mencoba melihatnya atau mencobanya disana. Sangat nyaman digunakan.

Dari jenis bahan-bahan kain diatas masih ada beberapa jenis bahan lain yang digunakan sebagai bahan sprei seperti bahan spandek atau combed cotton yang biasa digunakan sebagai bahan kaos. Bahan sprei dan bed sets yang paling saya sukai adalah yang berbahan linen, terlihat natural dan cocok dengan #DIY vintage kreasi sendiri dan juga terlihat elegant dengan struktur benang yang berkilau karena seratnya. Kalau kamu?


SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar