Home » » Rustic Style untuk Inspirasi Rumah Kamu

Rustic Style untuk Inspirasi Rumah Kamu

Menurut bahasa rustic bisa diartikan sebagai pedusunan, atau kasar. Jadi design bergaya rustic bisa diartikan sebagai gaya design yang natural, alami dan diispirasi dari rumah pedesaan dengan material kayu yang masih asli dengan sentuhan yang terlihat kasar dan natural.
warna natural pada  living room dengan gaya rustic - via decoholic
Ciri utama style ini adalah dengan menggunakan bahan yang masih asli tanpa finishing yang halus seperti balok kayu yang terlihat kokoh dan kuat tanpa polesan cat atau glasir, besi dan logam yang dibiarkan kasar tanpa di cat, dan bahan alami lainnya seperti kain dari serat alam seperti goni, linen, kulit, atau wol.
kayu tanpa polesan pada ruangan bergaya rustic - via folkmountain

langit-langit dengan material utama kayu - via houzz

Untuk furniture pilihlah dari bahan kayu yang tanpa polesan atau finishing yang dibiarkan kasar tetapi berkesan kuat. Untuk perabotan lain kamu bisa menggunakan barang yang sudah tidak terpakai seperti besi atau baja dari sisa bangunan pabrik dengan membentuknya menjadi penguat furniture atau tampilan rustic ruangan kamu. Misalnya kamu bisa menggunakan keranjang besi untuk kamu gunakan sebagai kap lampu, ember tua dari seng bisa kamu gunakan sebagai washtafel.
wastafel dari bekas drum wine - via brentwoodbuilder
unsur alam dan material kasar pada kamar mandi - via decoholic

Yang perlu diperhatikan adalah pilihlah bahan utama yang menonjolkan kesan rustic untuk ruangan atau rumah kayu seperti balok kayu untuk penyangga atap, balok kayu ini bisa benar-benar difungsikan sebagai penyangga atau hanya untuk memperkuat kesan rustic pada ruangan. Dinding ruangan bisa kamu biarkan terekspose tanpa di plester atau tanpa acian.
sentuhan warna yang memberikan kesan lebih hidup pada ruangan - via homebunch

material kayu dan tembok tanpa diplester pada dapur bergaya rustic - via periodliving

Untuk dekorasi yang perlu diingat adalah bahan yang digunakan adalah berunsur alami, dan dengan finishing yang apa adanya, dan jangan terlalu memberikan banyak dekorasi yang akan memberikan kesan ruangan kamu yang berantakan. Kamu harus teliti dan jeli dalam memilih dan menempatkan barang untuk dekorasinya.
kamar tidur utama bergaya rustic - via residentstyle

kain dan material dengan warna natural pada kamar tidur - via decorextra

Untuk pewarnaan gunakan warna natural yang di ambil dari ispirasi warna-warna kayu, tanah, atau besi. Warna coklat lebih dominan pada ruangan dengan gaya ini, yang perlu kamu tambahkan adalah warna lain yang bisa memberikan kesan melembutkan ruangan seperti warna lime, hijau tua, terakota, atau kuning keemasan bisa kamu gunakan untuk pewarnaan perabotan ruang atau dekorasi.
material yang terekspose dan furniture pada living room bergaya rustic - via decoholic

Untuk eksteriornya kamu bisa mendesain sebuah taman sederhana yang kamu design sealami mungkin, seolah dia terbentuk sendiri tanpa terlihat sentuhan atau campur tangan kamu,  gunakan tanaman yang terlihat lebih alami yang seolah-olah tumbuh dengan sendirinya. Gunakan lampu outdoor dengan style rustic. (Baca tips#4 : memilih lampu outdoor)
kesan natural pada taman - via provicentceltddesign

batu bata terekpose memberikan kesan rustic pada area outdoor - via guiadejardineria
material batu dan kayu memperkuat kesan rustic sebuah taman - via theinteriorsaddict
Kesan yang akan ditimbulkan pada design rustic ini adalah kesan hangat dan natural dari material yang digunakan dan dari pilihan dekorasinya. Selalu gunakan imajinasi dan kreatifitas kamu untuk menciptakan gaya rustic yang berkarakter dan sesuai keinginan kamu. Contoh diatas bisa kamu gunakan sebagai ide untuk membuat ruangan atau rumah kamu dengan gaya yang berbeda.





SHARE

About Vintage Lawas

0 komentar :

Posting Komentar